Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LDP Diprediksi Menang

Kompas.com - 07/12/2012, 02:24 WIB

TOKYO, KAMIS - Jajak pendapat sejumlah surat kabar besar Jepang memprediksi Partai Demokrat Liberal, yang kini menjadi partai oposisi, bakal menang besar pada pemilihan umum parlemen, 16 Desember. Jika benar, mantan Perdana Menteri Shinzo Abe akan kembali duduk di posisi lamanya.

Abe menjanjikan perbaikan ekonomi Jepang dengan jalan menyerukan langkah radikal oleh otoritas moneter Jepang, Bank of Japan, agar memperkuat kembali nilai tukar yen dan melawan deflasi yang terus terjadi.

Selain itu, Abe juga menjanjikan sikap lebih keras dan tegas dalam menghadapi agresivitas China terkait sengketa kepulauan di Laut China Timur.

Abe juga menjanjikan revisi konstitusi pasifis (cinta damai) Jepang yang sudah berusia 65 tahun dan selama ini sangat membatasi kekuatan dan kapabilitas militernya.

Tidak hanya itu, Abe juga menjanjikan upaya revisi posisi masa lalu Jepang terkait keterlibatannya dalam perang, yang oleh kalangan konservatif dinilai terlalu meminta maaf.

Hasil survei

Dalam jajak pendapat oleh surat kabar Asahi Shimbun, Partai Demokrat Liberal (LDP) diprediksi memenangi 257 hingga 285 kursi, dari total 480 kursi majelis rendah.

Sementara perolehan kursi partai berkuasa saat ini, Partai Demokrat Jepang (DPJ), diprediksi melorot jauh dari sebelumnya yang sebanyak 230 kursi menjadi hanya 68-95 kursi.

Hasil survei yang lebih kurang sama juga ditunjukkan sejumlah media arus utama Jepang lain, seperti surat kabar Yomiuri Shimbun, harian bisnis Nikkei, dan kantor berita Kyodo News.

Meski demikian, jajak pendapat Asahi juga menyebut, sebanyak 40-50 persen calon pemilih di Jepang masih belum memutuskan pilihan masing-masing (undecided voters).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com