Kompas.com - 06/12/2012, 17:55 WIB
EditorErvan Hardoko

VIENNA, KOMPAS.com — Satu lagi kisah kejujuran manusia yang kerap tak bisa dipercaya. Kali ini hal itu terjadi di Vienna, Austria, dan pelakunya adalah seorang pengemudi bus.

Pengemudi bernama Wolfgang R (51) itu menjadi buah bibir di negerinya. Pada Rabu (5/11/2012), Wolfgang baru saja menyelesaikan kerjanya mengemudikan bus di ibu kota Austria itu. Saat sedang memeriksa busnya, dia menemukan sebuah tas tergeletak di tempat duduk yang tepat berada di belakang kursi pengemudi.

Betapa terkejutnya Wolfgang ketika membuka tas itu berisi uang 309.000 euro atau hampir Rp 5 miliar dalam pecahan 500 euro.

"Awalnya saya pikir tas itu berisi obat atau barang belanjaan biasa," kata Wolfgang kepada harian Krone.

Tanpa pikir panjang, Wolfgang kemudian membawa tas berisi uang itu ke kantor polisi. Berdasarkan dokumen yang ada di dalam tas itu, polisi berhasil menemukan pemilik tas yang ternyata seorang pensiunan yang baru saja menarik seluruh tabungan seumur hidupnya dari bank.

Perbuatan jujur Wolfgang mendapat pujian dari atasannya.

"Kami sangat bangga memiliki karyawan jujur seperti ini. Perbuatan Wolfgang menunjukkan semangat perusahaan kami," kata Eduard Winter, Direktur Perusahaan Transportasi Publik Vienna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.