Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

British Airways Akan Kurangi 400 Kru Kabin

Kompas.com - 04/12/2012, 21:46 WIB
Haryo Damardono

Penulis

 

 

LONDON, KOMPAS.com — International Airlines Group mengumumkan rencana untuk mengurangi 400 kru kabin di divisi British Airways. Meski demikian, IAG akan menawarkan rencana pengurangan tenaga kerja secara bertahap, juga supaya dikerjakan dengan sukarela.

"Kami akan menawarkan kepada kabin kru yang senior untuk dengan sukarela mengundurkan diri untuk menyeimbangkan jumlah kru," demikian pernyataan dari International Airlines Group (IAG), seperti dikutip  kantor berita AFP, Selasa (4/12/2012).

IAG telah menetapkan waktu konsultasi selama 90 hari dengan para pekerja yang difasilitasi serikat pekerja. Kini, jumlah total kabin kru British Airways (BA) berjumlah 14.000 orang.

Menurut pengamatan Kompas yang beberapa kali terbang bersama BA dengan rute Jakarta-Kuala Lumpur-Amsterdam,  umumnya kabin kru BA memang jauh lebih tua daripada rata-rata usia kru kabin maskapai Singapore Airlines atau Garuda Indonesia.

Kabar kurang menggembirakan dari BA ini, hadir hanya kurang dari satu bulan sejak maskapai Iberia (Spanyol) yang juga berada dalam Grup IAG mengumumkan rencana pengurangan 4.500 pekerja. Pengurangan karyawan dimaksudkan untuk menghindari kebangkrutan maskapai Iberia.

Pada bulan Januari 2011  British Airways dan Iberia sebenarnya telah mengumumkan penggabungan usaha. Hal itu disebabkan turunnya perekonomian Eropa dan bangkitnya maskapai penerbangan berbiaya rendah yang menghantam maskapai-maskapai tradisional.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com