Kompas.com - 04/12/2012, 15:10 WIB
EditorErvan Hardoko

ANKARA, KOMPAS.com - NATO segera menyetujui penempatan rudal Patriot di wilayah Turki yang berbatasan dengan Suriah untuk menghadang serangan dari kawasan tersebut.

Sebelumnya 28 menteri luar negeri negara anggota NATO menggelar pertemuan di Brussels, Belgia setelah Turki meminta tambahan kekuatan untuk melindungi wilayahnya yang berbatasan dengan Suriah.

Pejabat Nato telah menyatakan bahwa penempatan rudal patriot murni sebagai bentuk pertahanan.

Presiden AS, Barack Obama sebelumnya telah memperingatkan Presiden Suriah Bashar al-Assad bahawa dia akan menghadapi 'konsekuensi' jika menggunakan senjata kimia untuk menghadapi rakyatnya.

"Dunia mengamati. Penggunaan senjata kimia sepenuhnya tidak bisa diterima,'' kata Obama.

''Kami bekerja untuk menjaga senjata ini tidak berkembang biak, apakah itu materi nuklir di Libia atau senjata kimia di Suriah.''

"Dan hari ini saya ingin membuat pesan penting kepada Assad dan siapapun yang ada di bawah perintahnya.. Jika anda membuat kesalahan tragis dengan menggunakan senjata ini, akan ada konsekuensinya dan anda akan diminta pertanggungjawaban.''  

Siapkan Segala Kemungkinan

Pejabat pemerintah Suriah sebelumnya bersikeras mereka tidak akan menggunakannya dalam kondisi apapun meskipun senjata itu ada.

Wartawan BBC, Jonathan Beale mengatakan tim dari NATO telah mengunjungi sejumlah tempat di Turki untuk menyiapkan penempatan baterai penggerak Patriot, yang bisa digunakan untuk menembak jatuh rudal Suriah atau pesawat tempur yang terbang melewati perbatasan.

Halaman:
Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.