Kompas.com - 04/12/2012, 15:02 WIB
Editorwawa

KOMPAS.com - Nama yang diberikan orangtua kepada buah hatinya bukan hanya punya makna tertentu namun  memiliki konsekuensi jangka panjang. Tak hanya memberikan harapan bagi sebuah keluarga, pilihan nama yang populer di masyarakat juga menunjukkan tren dan ekspektasi tertentu pada anak, bahkan berdampak pada hubungan berpasangan saat anak dewasa kelak.

Berdasarkan ilmu Neimology, yang mengindikasikan kepribadian/karakter dari sebuah nama, ekspektasi terhadap perempuan mengalami perubahan dua tahun terakhir. Sementara ekspektasi terhadap laki-laki terus meningkat.

Perubahan ekspektasi ini tercermin dari pilihan nama populer sepanjang 2012 berdasarkan riset situs BabyCenter. Situs ini mengumpulkan nama anak sepanjang 2012, dari setengah juta orangtua. Situs ini kemudian membuat daftar nama anak perempuan dan laki-laki terpopuler selama 2012.

Dari data BabyCenter ini didapati, dari 10 nama anak perempuan terpopuler, 70 persennya diakhiri huruf "A" dan "Y". Seperti Sophia, Emma, Olivia, Isabella, Ava, Lily, Mia, Emily, Anna, Audrey.

Menurut Neumology, hal ini mengindikasikan orangtua menginginkan anak perempuan tahu bagaimana cara bersosialisasi dengan orang, serta tidak merasa harus mengubah dirinya untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain.

Pilihan nama yang populer di 2012, untuk anak perempuan, juga menunjukkan kecenderungan ekspektasi agar perempuan tak harus terlalu cerdas. Hal ini didapati dari huruf-huruf yang terdapat dalam nama populer tersebut.

Huruf pada nama anak perempuan yang populer pada 2012 tidak menonjolkan pertumbuhan dan pengetahuan, kecuali pada nama Sophia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lima puluh persen nama perempuan juga mengindikasikan peran domestik yang dilakoni perempuan, mengenai cara merawat orang lain. Jadi karakter seperti ini diharapkan dimiliki perempuan yang terwakili dari pilihan nama favorit pada 2012.

Karakter yang muncul dari pilihan nama anak perempuan favorit sepanjang 2012 ini menonjolkan bagaimana perempuan bersikap penuh perasaan, kasih sayang dan cinta yang besar, sifat yang disenangi laki-laki. Nama-nama ini tidak menunjukkan adanya kendali dari perempuan.

Sementara untuk laki-laki, pilihan nama anak favorit pada 2012 menunjukkan ekspektasi bahwa laki-laki harus pintar dan serba bisa serta bekerja keras. Pilihan nama yang dimulai dengan huruf "J" dan "A" mewakili karakter ini. Seperti Aiden, Jackson, Ethan, Liam, Mason, Noah, Jayden, Joshua.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X