Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Mesir Muhammad Mursi Kagumi Demokrasi Indonesia

Kompas.com - 04/12/2012, 14:46 WIB
Mustafa Abd. Rahman

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com — Presiden Mesir Muhammad Mursi ketika menerima Ketua DPR RI Marzuki Alie hari Senin (3/12/2012) di Kairo menyatakan, pengalaman Indonesia yang telah berhasil menciptakan iklim demokrasi yang baik dalam pemilu presiden dan pemilu lainnya dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi Mesir yang sedang menjalani masa transisi.

Seperti diketahui, Mesir kini tengah mengalami krisis politik menyusul diterbitkannya dekrit presiden hari Kamis pekan lalu yang mengundang protes luas dari berbagai elemen masyarakat Mesir.

Mursi juga berkeinginan untuk mengunjungi Indonesia agar dapat mengenalnya lebih dekat.

Ketua DPR RI yang saat ini juga menjabat sebagai Presiden Parliamentary Union of Organization of Islamic Conference (OIC) Member Countries itu yakin bahwa Mesir akan berhasil melalui masa-masa sulit dalam proses demokratisasi yang saat ini sedang berlangsung.

Indonesia, lanjut Marzuki Alie, sebagai negara yang mempunyai kedekatan secara historis dengan Mesir, telah melakukan berbagai dukungan konkret untuk Mesir, di antaranya dengan telah diselenggarakannya lokakarya yang bertema "Building Electoral Democracy in Egypt: Lesson Learned from the Indonesian Experience" yang diselenggarakan di Kairo pada tanggal 25-26 Juli 2011 yang merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang diadakan di Jakarta pada tanggal 25- 27 Mei 2011.

Marzuki Alie secara khusus memberikan apresiasi kepada Mesir atas langkah antisipasinya dalam menciptakan terjadinya gencatan senjata antara Israel dan Palestina. Hal itu, menurutnya, merupakan capaian penting Mesir dalam upaya mengembalikan perdamaian di kawasan Timur Tengah.

Marzuki Alie juga menekankan perlunya meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi, khususnya investasi dan perdagangan yang kesempatannya masih terbuka lebar.

Koresponden Kompas di Kairo, Mustafa Abd Rahman, melaporkan, Presiden Mursi juga menyatakan dukungannya atas usaha Indonesia dalam turut mengupayakan perdamaian dan kemerdekaan Palestina. Pemerintah Mesir berjanji untuk senantiasa memberikan bantuan dan fasilitas atas kunjungan-kunjungan yang dilakukan melalui Mesir.

Ketua DPR RI bersama rombongannya dari Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) untuk Palestina dan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) juga melakukan pertemuan dengan Majelis Syura Mesir.

Secara khusus, dalam kapasitasnya sebagai Presiden Parliamentary Union of Organization of Islamic Conference (OIC) Member Countries, Marzuki Alie mengundang Parlemen Mesir untuk turut bergabung dalam rombongan parlemen negara-negara OKI yang akan berkunjung ke Gaza yang direncanakan pada bulan Desember 2012.

Selain bertemu dengan Presiden dan Majelis Syura, di sela-sela keberadaannya di Mesir, Ketua DPR RI juga dijadwalkan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Mesir Dr Hisyam Qindil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com