Presiden Mesir Muhammad Mursi Kagumi Demokrasi Indonesia

Kompas.com - 04/12/2012, 14:46 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

KAIRO, KOMPAS.com — Presiden Mesir Muhammad Mursi ketika menerima Ketua DPR RI Marzuki Alie hari Senin (3/12/2012) di Kairo menyatakan, pengalaman Indonesia yang telah berhasil menciptakan iklim demokrasi yang baik dalam pemilu presiden dan pemilu lainnya dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi Mesir yang sedang menjalani masa transisi.

Seperti diketahui, Mesir kini tengah mengalami krisis politik menyusul diterbitkannya dekrit presiden hari Kamis pekan lalu yang mengundang protes luas dari berbagai elemen masyarakat Mesir.

Mursi juga berkeinginan untuk mengunjungi Indonesia agar dapat mengenalnya lebih dekat.

Ketua DPR RI yang saat ini juga menjabat sebagai Presiden Parliamentary Union of Organization of Islamic Conference (OIC) Member Countries itu yakin bahwa Mesir akan berhasil melalui masa-masa sulit dalam proses demokratisasi yang saat ini sedang berlangsung.

Indonesia, lanjut Marzuki Alie, sebagai negara yang mempunyai kedekatan secara historis dengan Mesir, telah melakukan berbagai dukungan konkret untuk Mesir, di antaranya dengan telah diselenggarakannya lokakarya yang bertema "Building Electoral Democracy in Egypt: Lesson Learned from the Indonesian Experience" yang diselenggarakan di Kairo pada tanggal 25-26 Juli 2011 yang merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang diadakan di Jakarta pada tanggal 25- 27 Mei 2011.

Marzuki Alie secara khusus memberikan apresiasi kepada Mesir atas langkah antisipasinya dalam menciptakan terjadinya gencatan senjata antara Israel dan Palestina. Hal itu, menurutnya, merupakan capaian penting Mesir dalam upaya mengembalikan perdamaian di kawasan Timur Tengah.

Marzuki Alie juga menekankan perlunya meningkatkan hubungan kerja sama ekonomi, khususnya investasi dan perdagangan yang kesempatannya masih terbuka lebar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Koresponden Kompas di Kairo, Mustafa Abd Rahman, melaporkan, Presiden Mursi juga menyatakan dukungannya atas usaha Indonesia dalam turut mengupayakan perdamaian dan kemerdekaan Palestina. Pemerintah Mesir berjanji untuk senantiasa memberikan bantuan dan fasilitas atas kunjungan-kunjungan yang dilakukan melalui Mesir.

Ketua DPR RI bersama rombongannya dari Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) untuk Palestina dan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) juga melakukan pertemuan dengan Majelis Syura Mesir.

Secara khusus, dalam kapasitasnya sebagai Presiden Parliamentary Union of Organization of Islamic Conference (OIC) Member Countries, Marzuki Alie mengundang Parlemen Mesir untuk turut bergabung dalam rombongan parlemen negara-negara OKI yang akan berkunjung ke Gaza yang direncanakan pada bulan Desember 2012.

Selain bertemu dengan Presiden dan Majelis Syura, di sela-sela keberadaannya di Mesir, Ketua DPR RI juga dijadwalkan untuk bertemu dengan Perdana Menteri Mesir Dr Hisyam Qindil.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X