Kompas.com - 04/12/2012, 11:53 WIB
EditorErvan Hardoko

MANILA, KOMPAS.com — Topan Bopha yang berkecepatan 210 km per jam menghantam pantai timur Pulau Mindanao, Filipina, Selasa (4/12/2012) dini hari. Topan ini menumbangkan pepohonan dan membawa hujan deras. Sekitar 40.000 orang dilaporkan berdesak-desakan di 1.000 lokasi penampungan untuk menghindari topan ini.

Sejauh ini, belum diperoleh laporan korban jiwa atau kerusakan serius di Mindanao. Namun, untuk sementara ini, pulau itu terkepung topan yang mengakibatkan penduduk di kawasan pantai dan daerah rawan banjir menuju penampungan-penampungan yang sudah disediakan pemerintah.

Jadwal penerbangan dan pelayaran juga kacau balau. Sebanyak 80 jadwal penerbangan ditunda dan ribuan penumpang kapal feri telantar di pelabuhan saat pasukan penjaga pantai memerintahkan semua kapal tidak meninggalkan pelabuhan.

Sebagian besar Pulau Mindanao kini tanpa aliran listrik. Pasokan listrik memang diputus untuk menghindari kebakaran dan bahaya tersengat listrik. Demikian kata pejabat pertahanan sipil Mindanao, Liza Maro.

"Pasokan listrik diputus menjelang pagi. Ada laporan terkait angin kencang, gelombang laut tinggi, dan kemungkinan badai menghantam kawasan pesisir," kata Liza.

"Kami kini hanya bisa berdoa dan berharap tidak ada korban jiwa akibat topan ini," dia menambahkan.

Warga yang tinggal di pesisir yang bakal dihantam badai bersiap diri menghadapi situasi terburuk akibat badai paling kuat yang menerjang Filipina tahun ini.

"Kami sudah ungsikan babi dan ayam kami ke dalam rumah karena kandang mereka pasti hancur karena angin," kata Marianita Villamor (46), warga kota San Fermin di pesisir timur Mindanao.

"Angin kencang bertiup dan saya bisa mendengar suara pohon-pohon tumbang sejak pagi tadi," tambah dia.

Villamor mengatakan, keluarganya yang tinggal di kawasan pesisir bergabung dengan ratusan keluarga lainnya pindah ke lokasi penampungan seperti sekolah atau gedung-gedung milik pemerintah.

Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.