Kompas.com - 04/12/2012, 08:08 WIB
EditorEgidius Patnistik

ZAROZJE, KOMPAS.com Siapkan bawang putih dan salib kayu kecil sebelum berkunjung ke Zarozje di Serbia. Beredar rumor, vampir pengisap darah tengah mencari mangsa di kota kecil yang diapit pegunungan dan hutan lebat tersebut.

Pemerintah lokal meminta warga mengantongi bawang putih di saku dan menggantung salib kayu di rumah untuk menangkal vampir meski tampaknya rumor itu disebarkan untuk menarik lebih banyak turis ke wilayah miskin yang berbatasan dengan Bosnia-Herzegovina itu.

Sebagian besar warga sadar bahwa kisah Sava Savanovic, vampir paling populer di Serbia, hanyalah dongeng. Namun, tak ada salahnya siaga daripada digigit makhluk itu. ”Cerita tentang Sava adalah legenda. Tetapi, hal-hal aneh terjadi di sini di masa lalu. Kami mewarisi legendanya dari nenek moyang kami dan meneruskannya kepada anak cucu,” kata Milka Prokic (55), seorang ibu rumah tangga.

Pendatang mungkin menertawakan ketakutan warga, tetapi mereka benar-benar percaya. ”Lima orang meninggal berturut-turut di desa kami, salah satunya menggantung diri. Ini bukan kebetulan,” ujar Miodrag Vujetic, anggota dewan kota. Benar atau tidak soal Sava Savanovic, warga seharusnya memanfaatkan legenda itu untuk mempromosikan kota mereka. ”Jika Romania mendapat keuntungan dari turis karena legenda Pangeran Drakula, kenapa kita tidak melakukannya dengan Sava?” katanya. (AP/UPI/Was)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.