Kompas.com - 04/12/2012, 08:02 WIB
EditorEgidius Patnistik

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Paus Benediktus membuka akun Twitter untuk menyebarkan pesan-pesan Gereja Katolik Roma. Seorang pejabat Vatikan, Greg Burke, mengatakan bahwa Paus Benediktus akan mulai mengirimkan pesan Twitter pada tanggal 12 Desember untuk menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan kepadanya.

Paus akan menjawab pertanyaan itu dalam bahasa Inggris serta tujuh bahasa lain, termasuk Arab, Perancis, dan Spanyol.

Pejabat Vatikan mengatakan, Paus menggunakan nama "@pontifex" di akun Twitter karena kata itu berarti "pembangun jembatan" dan mengacu pada "Paus".

"Kami akan menyebarkan pesan-pesan spiritual. Paus tidak akan berjalan dengan Blackberry atau iPad... Ia akan mengirim pesan Twitter atas apa yang ingin ia katakan," kata Burke.

Pesan Twitter pertama tanggal 12 Desember akan ditulis langsung oleh Paus. Namun, pesan-pesan berikutnya akan ditulis oleh para pembantunya.

Tanya jawab

Sebagian besar pesan Twitter Paus akan berisi inti misa mingguan dan pesan-pesan khusus menyangkut peristiwa besar dunia, termasuk bencana alam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vatikan mengatakan, Paus akan menggunakan format tanya jawab dalam sesi pertama Twitter-nya dengan jawaban terkait agama, maksimal 140 karakter.

Vatikan telah mengundang orang untuk mulai mengirimkan pertanyaan.

Gereja Katolik telah menggunakan beberapa media sosial untuk berkomunikasi dengan umat, terutama anak muda, termasuk melalui SMS dan YouTube.

Akun Twitter Vatikan sendiri diikuti oleh sekitar 110.000 orang.

Para pembantu Paus mengatakan, pemimpin tertinggi umat Katolik dunia ini sendiri lebih senang menulis tangan dibandingkan menggunakan komputer.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.