Kompas.com - 03/12/2012, 18:34 WIB
EditorErvan Hardoko

LONDON, KOMPAS.com - Pemerintah Inggris, Senin (3/12/2012) memanggil duta besar Israel di London Daniel Taub untuk membicarakan rencana negeri Yahudi itu membangun permukiman baru di Jerusalem Timur.

"Duta besar Israel di London, Daniel Taub mendapat panggilan resmi dari Kementerian Luar Negeri Inggris, oleh direktur Timur Tengah, Alistair Burt," kata Kementerian Luar Negeri Inggris.

Dalam pembicaraan itu pemerintah Inggris "menyayangkan" rencana Israel itu dan mengancam akan melakukan "reaksi keras" terhadap Israel.

"Kami menyayangkan keputusan terbaru pemerintah Israel yang ingin membangun 3.000 unit rumah baru dan tidak membekukan pembangunan di blok E1 (koridor kontroversial wilayah Tepi Barat di Jerusalem Timur). Rencana ini mengancam tercapainya solusi dua negara," demikian pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri Inggris.

"Kami menyampaikan kepada pemerintah Israel jika rencana ini tetap dilanjutkan maka akan ada reaksi keras dari kami," lanjut Kemenlu Inggris.

Pengumuman rencana Israel membangun 3.000 unit perumahan Yahudi di wilayah Palestina yang diduduki Israel merupakan balasan atas pengakuan Majelis Umum PBB atas status kenegaraan Palestina.

Selain Inggris, Perancis juga mengancam akan menarik duta besarnya di Tel Aviv untuk alasan yang sama seperti Inggris.

Sejumlah sumber diplomatik di London kepada AFP mengatakan penarikan duta besar Inggris di Israel adalah salah satu pilihan namun sejauh ini belum ada keputusan apapun.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.