Kompas.com - 03/12/2012, 17:53 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

RIYADH, KOMPAS.com - Satu pesawat tempur F-15 Eagle milik Angkatan Udara Arab Saudi, jatuh di Teluk Persia. Tim penyelamat hingga Senin (3/12/2012) masih terus mencari pilot pesawat yang ikut jatuh bersama pesawat itu.

Kementerian Pertahanan Arab Saudi menyatakan pada hari Senin, pesawat buatan Boeing, AS, itu jatuh saat latihan rutin di wilayah perairan negara tersebut, Minggu (2/12/2012) malam.

Pesawat tersebut membawa satu pilot, Letnan Fahad bin Falih al-Masarir. Pesawat tersebut tinggal landas dari pangkalan udara Raja Abdul Aziz di Provinsi Timur, Arab Saudi.

Selain masih mencari pilot, pihak berwenang negara kaya minyak itu juga masih menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat.

Insiden serupa juga terjadi, Mei lalu, yang melibatkan tipe pesawat yang sama dan terjadi di wilayah yang sama.

Menurut buku The Military Balance 2012, Arab Saudi memiliki sedikitnya 153 unit pesawat F-15 berbagai varian. Tahun lalu, negara itu diumumkan akan membeli tambahan 84 unit F-15 dari AS. Selain F-15, AU Arab Saudi juga mengoperasikan jet tempur Typhoon dan Tornado.

AU Arab Saudi terakhir terlibat dalam perang, saat konflik dengan pemberontak Houthi dari Yaman pada 2009-2010. (AP/Reuters/DHF)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X