Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Amerika Dilarang Minum Alkohol di Luar Pangkalan

Kompas.com - 03/12/2012, 02:47 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Tentara Amerika Serikat di Okinawa, Jepang bagian selatan, dilarang minum minuman keras di luar pangkalan. Peraturan tersebut diberlakukan menyusul serangkaian kejahatan, termasuk dugaan pemerkosaan terhadap seorang perempuan setempat oleh oknum tentara.

Alkohol terlarang bagi semua tentara AS setiap jam pada siang atau malam di rumah makan maupun rumah teman di mana pun selain di pangkalan mereka. Demikian keterangan pejabat tentara Amerika Serikat yang dilaporkan Kyodo News, Minggu (2/12/2012).

Satu-satunya pengecualian adalah minum di rumah pribadi. Pangkalan juga harus "kering" dari minuman beralkohol pada pukul 22.00-08.00.

Pejabat tentara AS akan melakukan pemeriksaan dadakan untuk mencegah tentara keluar di bawah pengaruh alkohol.

Tentara AS di Jepang memberlakukan jam malam pada pukul 23.00 hingga 05.00 terhadap semua prajuritnya di Jepang setelah dua anggota angkatan laut negara adidaya itu ditangkap dengan tuduhan memerkosa seorang perempuan di pulau utama Okinawa pada Oktober.

Sejumlah pelanggaran lain juga dilaporkan, seperti anggota AU dan marinir yang mengemudi dengan pengaruh alkohol.

Komando tentara Amerika Serikat di Jepang juga memerintahkan semua tentaranya di negara itu tidak keluar pangkalan sendirian. Aturan pokok mengharuskan semua tentara AS di Jepang disertai seseorang seperti anggota keluarga atau rekan ketika meninggalkan pangkalannya di luar jam malam.

Washington melihat Okinawa sebagai benteng strategis penting di kawasan itu, tetapi warga pulau itu muak memikul yang mereka katakan beban tidak memadai bagi hubungan Jepang-Amerika Serikat.

Pada 1995, pemerkosaan atas seorang gadis Okinawa berusia 12 tahun oleh sekelompok tentara AS memicu unjuk rasa besar dan menghasilkan kesepakatan Amerika Serikat-Jepang untuk mengurangi kehadiran besar tentara di Pulau Okinawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com