Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2012, 02:47 WIB
EditorTri Wahono

TOKYO, KOMPAS.com — Tentara Amerika Serikat di Okinawa, Jepang bagian selatan, dilarang minum minuman keras di luar pangkalan. Peraturan tersebut diberlakukan menyusul serangkaian kejahatan, termasuk dugaan pemerkosaan terhadap seorang perempuan setempat oleh oknum tentara.

Alkohol terlarang bagi semua tentara AS setiap jam pada siang atau malam di rumah makan maupun rumah teman di mana pun selain di pangkalan mereka. Demikian keterangan pejabat tentara Amerika Serikat yang dilaporkan Kyodo News, Minggu (2/12/2012).

Satu-satunya pengecualian adalah minum di rumah pribadi. Pangkalan juga harus "kering" dari minuman beralkohol pada pukul 22.00-08.00.

Pejabat tentara AS akan melakukan pemeriksaan dadakan untuk mencegah tentara keluar di bawah pengaruh alkohol.

Tentara AS di Jepang memberlakukan jam malam pada pukul 23.00 hingga 05.00 terhadap semua prajuritnya di Jepang setelah dua anggota angkatan laut negara adidaya itu ditangkap dengan tuduhan memerkosa seorang perempuan di pulau utama Okinawa pada Oktober.

Sejumlah pelanggaran lain juga dilaporkan, seperti anggota AU dan marinir yang mengemudi dengan pengaruh alkohol.

Komando tentara Amerika Serikat di Jepang juga memerintahkan semua tentaranya di negara itu tidak keluar pangkalan sendirian. Aturan pokok mengharuskan semua tentara AS di Jepang disertai seseorang seperti anggota keluarga atau rekan ketika meninggalkan pangkalannya di luar jam malam.

Washington melihat Okinawa sebagai benteng strategis penting di kawasan itu, tetapi warga pulau itu muak memikul yang mereka katakan beban tidak memadai bagi hubungan Jepang-Amerika Serikat.

Pada 1995, pemerkosaan atas seorang gadis Okinawa berusia 12 tahun oleh sekelompok tentara AS memicu unjuk rasa besar dan menghasilkan kesepakatan Amerika Serikat-Jepang untuk mengurangi kehadiran besar tentara di Pulau Okinawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.