Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Tewas Saat Salju Longsor di Kashmir

Kompas.com - 02/12/2012, 02:22 WIB

ISLAMABAD, SABTU - Sedikitnya 12 orang tewas, termasuk delapan tentara Pakistan, sementara sembilan orang masih dinyatakan hilang setelah terjadi bencana salju longsor di kawasan pegunungan di wilayah Kashmir, Pakistan.

Menurut pernyataan tertulis pihak militer Pakistan, Sabtu (1/12), operasi penyelamatan militer digelar setelah badai salju menghantam wilayah itu dan memicu dua kali salju longsor, Jumat.

Bencana salju longsor itu menghantam pos perbatasan militer di kawasan terpencil Kel, Kashmir, dekat perbatasan dengan India.

”Tiga jenazah tentara korban salju longsor dapat diangkat, Jumat lalu. Sementara lima jenazah tentara lagi, termasuk seorang perwira berpangkat kapten, dan empat warga sipil yang tewas diangkat Sabtu ini,” demikian pernyataan tertulis tersebut.

Pihak militer menyatakan masih terus mencari sembilan personel militer lain. Mereka sebelumnya termasuk dalam tim operasi penyelamatan yang dikirim ke daerah itu.

”Sebelumnya ada delapan prajurit dan 10 orang sipil yang dikirim ke sana untuk melakukan operasi penyelamatan di pos perbatasan tersebut. Mereka diperkirakan terkubur dalam kejadian longsor susulan,” ujar seorang pejabat lokal, Raja Saqib Muneer.

Menurut Muneer, para korban terkubur longsoran salju bercampur lumpur pada Jumat dini hari lalu.

Satu tim yang terdiri atas 18 orang kemudian dikerahkan menuju lokasi pos perbatasan terluar itu, yang jaraknya sekitar 130 kilometer dari kota Muzaffarabad, wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Rawan perang

Kawasan Kashmir selama ini dikenal sangat strategis dan penting, sampai-sampai dua dari tiga perang yang terjadi antara India dan Pakistan dipicu oleh sengketa di wilayah ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com