Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2012, 14:44 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com Perdana Menteri Palestina Ismail Haniya menerima secara khusus relawan kemanusiaan Indonesia yang tergabung dalam Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP).

Pada kesempatan tersebut KNRP menyerahkan secara langsung bantuan masyarakat Indonesia yang dikumpulkan melalui sejumlah lembaga kemanusiaan di Indonesia, di antaranya PKPU, ACT, Dompet Dhuafa, Darul Quran, Ikadi Jawa Timur, Bulan Sabit Merah Indonesia, Spirit of Aqsho, dan Adara International Relief.

Demikian siaran pers yang diterima Kompas di Jakarta, Jumat (30/11/2012), dari Ketua KNRP Suripto yang saat ini sedang berada di Gaza, Palestina.

Menurut Suripto, bantuan yang diserahkan dalam bentuk obat-obatan, alat kesehatan, dan uang tunai. "Total sumbangan lebih kurang satu juta dollar (AS)," kata Suripto.

Penyerahan bantuan dilakukan setelah pertemuan PM Haniya dan rombongan Komisi I DPR dan Relawan Indonesia di kediaman PM Haniya di Gaza, Kamis (29/11/2012) petang kemarin waktu setempat.

PM Haniya menyatakan sangat berterima kasih atas segala bentuk perhatian pemerintah dan masyarakat Indonesia terhadap rakyat Palestina. Ia mengungkapkan, rakyat Palestina senantiasa mengikuti aksi-aksi yang dilakukan oleh pemerintah ataupun rakyat Indonesia dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina.

"Melalui televisi kami menyaksikan, ribuan orang termasuk wanita dan anak-anak turun ke jalan untuk meneriakkan dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina," kata Haniya.

"Kami berterima kasih dan sangat menghargai mereka yang keluar rumah untuk melakukan aksi turun ke jalan mendukung perjuangan kami. Kami juga berterima kasih kepada mereka yang tidak keluar rumah, tetapi menadahkan tangan, berdoa untuk kebebasan bangsa Palestina dari penjajahan Israel," ujarnya.

Lebih lanjut Haniya menyatakan, kedatangan delegasi Indonesia yang secara geografis sangat jauh dari Palestina membangkitkan semangat bangsa Palestina sekaligus menunjukkan bahwa rakyat Palestina tidak sendirian menghadapi penjajahan Israel.

"Ini juga sekaligus membawa pesan penting kepada Israel bahwa Palestina tidak sendirian," ujarnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.