Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Continental Dibebaskan Dalam Kecelakaan Concorde

Kompas.com - 30/11/2012, 07:50 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Pengadilan banding Perancis membebaskan maskapai penerbangan Continental Airlines dari tanggung jawab atas kecelakaan pesawat Concorde di Paris yang menewaskan 113 orang.

Putusan pengadilan banding di kota Versailles yang dikeluarkan Kamis (29/11) ini menganulir putusan pengadilan sebelumnya yang menyatakan maskapai penerbangan Amerika Serikat itu bertanggung jawab atas kecelakaan.

Selain itu pengadilan juga mewajibkan Continental Airlines membayar denda 200.000 euro dan membayar ganti rugi satu juta euro kepada operator Concorde, Air France.

Pengadilan sebelumnya membuat putusan atas dasar bahwa sekeping logam yang tertinggal di landasan pacu setelah jatuh dari pesawat Continental menjadi penyebab kecelakaan Concorde.

Continental menyebut putusan pengadilan aneh dan mengajukan banding. Continental menegaskan Concorde terbakar sebelum melindas kepingan logam.

Puas

Maskapai penerbangan AS itu juga mengatakan pihaknya disalahkan untuk melindungi industri penerbangan Perancis.

Menanggapi putusan pengadilan banding, pejabat United Airlines yang juga membawahi Continental, Kevin Johnston, mengatakan perusahaan menyambut putusan pengadilan.

"Itu merupakan kecelakaan tragis dan kami mendukung putusan pengadilan bahwa Continental tidak bersalah," kata Johnston.

"Kami telah lama menegaskan bahwa baik Continental maupuan karyawannya bertanggung jawab atas peristiwa ini dan kami puas putusan sebelumnya dibatalkan."

Pada 2000, pesawat Concorde yang dioperasikan maskapai penerbangan Air France terbakar tidak lama setelah lepas landas dari landasan pacu Bandara Charles de Gaulle dan kemudian menabrak gedung di sekitarnya.

Kecelakaan menewaskan 109 orang di peswat dan empat karyawan hotel.

Sebagian besar penumpang adalah wisatawan Jerman yang hendak bepergian ke New York, Amerika Serikat, untuk selanjutnya menumpang kapal pesiar ke Karibia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com