Kompas.com - 29/11/2012, 20:07 WIB
EditorErvan Hardoko

DHAKA, KOMPAS.com — Menyusul kebakaran pabrik garmen yang menewaskan lebih dari 100 buruh akhir pekan lalu, Departemen Pemadam Kebakaran Banglades, Kamis (29/11/2012), melakukan inspeksi mendadak ke ratusan pabrik garmen di negeri itu.

Petugas menyasar daerah pinggiran Ashulia, tempat sebagian besar pabrik garmen Banglades berada.

"Kami menugaskan 15 tim untuk memeriksa pabrik-pabrik garmen," kata Abdus Salam, Direktur Departemen Pemadam Kebakaran Banglades.

"Awalnya kami memeriksa 574 pabrik di Ashulia lalu kami lanjutkan dengan memeriksa semua pabrik di seluruh negara," tambah Abdus Salam.

"Kami memeriksa sekitar 70 pabrik hari ini dan dua pertiga pabrik ternyata tidak memiliki sarana perlindungan kebakaran yang memadai. Setidaknya di lima pabrik kondisinya sangat buruk," paparnya.

Sementara itu, dalam wawancara dengan harian terbitan Banglades, Daily Star, pemilik pabrik Tazreen yang terbakar pada akhir pekan lalu, Delwar Hossain, mengatakan bahwa Departemen Tenaga Kerja beberapa kali datang meninjau pabriknya. Namun, dia mengaku, mereka tak sekalipun memberi pengarahan soal pintu darurat atau sarana perlindungan kebakaran.

"Tak seorang pun memberi arahan untuk menambah pintu darurat selain satu pintu yang sudah ada," kata Hossain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya bisa saja menambah pintu darurat itu. Tapi tak seorang pun meminta saya melakukan itu," tambah dia.

"Saya paham ini adalah kesalahan saya, dan saya menyadarinya saat lebih dari 100 orang kehilangan nyawa," tandas Hossain.

Sejak 2006, sedikitnya 700 buruh pabrik garmen tewas dalam berbagai insiden kebakaran. Namun, belum satu pun pemilik perusahaan yang mendapatkan hukuman.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.