Kompas.com - 29/11/2012, 16:25 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com - Dua buah bom pinggir jalan, pada Kamis (29/11/2012), meledak di kota Hilla menewaskan 26 orang peziarah Syiah dan melukai 85 orang lainnya. Demikian pernyataan kepolisian.

Di antara korban tewas terdapat dua orang perempuan, tiga anak-anak, dua petugas kesehatan dan seorang anggota pertahanan sipil.

Pasukan keamanan Irak langsung menutup area ledakan dan melakukan pemeriksaan ketat di seluruh penjuru kota mencari tersangka peledakan bom ini.

Sementara itu, di kota suci Syiah, Karbala, sebuah bom meledak di bawah sebuah jembatan menewaskan lima orang dan melukai 13 orang lainnya.

Juru bicara kepolisian mengatakan seluruh jalan menuju kota tua Karbala tempat makam tokoh Syiah Imam Hussein dimakamkan, ditutup dan polisi tengah mencari kemungkinan bom mobil kedua.

Jutaan peziarah Syiah setiap tahun menuju ke Karbala untuk memperingati wafatnya Imam Hussein dalam perang tahun 680. Perayaan yang dikenal dengan nama Ashura ini mencapai puncaknya pada 25 November lalu.

Umat Syiah kerap menjadi sasaran kekerasan para pemberontak Sunni di Irak. Namun angka kekerasan terhadap Syiah menurun drastis dibanding 2006-2007 saat gejolak sektarian melanda Irak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.