Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Akan Abstain Dalam Voting Status Palestina

Kompas.com - 29/11/2012, 14:10 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Inggris akan memilih abstain dalam pemungutan suara di Majelis Umum PBB terkait keinginan Palestina meningkatkan statusnya di organisai negara-negara dunian itu.

Menlu Inggris William Hague mengatakan Inggris hanya akan memberikan suara jika Palestina memberikan komitmen untuk kembali melakukan perundingan dengan Israel.

William Hague menambahkan Inggris juga akan meminta jaminan dari Palestina untuk tidak mendesak menambah wilayah jurisdiksi Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) terkait kawasan pendudukan.

"Hingga pemungutan suara digelar, Inggris tetap akan terbuka untuk memilih jika kami melihat bukti jaminan publik olh Palestina," kata Hague di hadapan parlemen Inggris.

"Namun jika kami tak mendapat kepastian maka Inggris memilih abstain dalam pemungutan suara di PBB," tandas Hague.

Pernyataan William Hague ini mendapat tentangan dari menlu bayangan, Douglas Alexander, yang meminta Hague secara tegas mendukung upaya Palestina meningkatkan statusnya di PBB.

"Status negara untuk Palestina bukanlah sebuah hadiah namun sebuah hak yang harus dihormati. Keputusan untuk abstain berarti Inggris mengabaikan kewajibannya," kata Alexander.

Banyak kalangan memprediksi keinginan Palestina menjadi negara anggota non-anggota di PBB akan menjadi kenyataan. Apalagi sebagian besar anggota PBB yang akan hadir dalam rapat Majelis Umum PBB menaruh simpati mendalam bagi Palestina.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com