Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diplomat Saudi Tewas Ditembak di Yaman

Kompas.com - 29/11/2012, 08:15 WIB

SANAA, KOMPAS.com — Seorang diplomat Arab Saudi dan pengawalnya tewas ditembak di ibu kota Yaman, Sana'a, Rabu (28/11/2012).

"Kelompok bersenjata mengeluarkan tembakan ke arah mobil diplomat Saudi di satu kawasan di Sana'a selatan. Diplomat dan pengawalnya tewas," kata seorang pejabat keamanan kepada kantor berita Reuters.

Penembakan berlangsung di distrik Hada, yang dikenal sebagai kompleks kantor dan perumahan diplomat. Pelaku dilaporkan mengenakan seragam aparat keamanan Yaman. Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab.

Diculik

Pejabat keamanan mengatakan, korban bekerja sebagai wakil atase militer di kedutaan Saudi di Sana'a.

Arab Saudi, bersama Amerika Serikat, membantu Pemerintah Yaman menumpas kelompok-kelompok militan Islam, terutama di Yaman selatan, yang dilaporkan lemah dalam penegakan hukum. Di dalam negeri, Saudi juga mengerahkan upaya yang sama untuk memburu kelompok militan yang banyak mendapatkan pengaruh dari Al Qaeda.

Beberapa pihak mengatakan, sejumlah anggota kelompok militan di Saudi menyeberang ke Yaman untuk bergabung dengan kelompok Al Qaeda di jazirah Arab atau kelompok militan sealiran.

Beberapa waktu lalu wakil konsul Saudi di Yaman diculik oleh Al Qaeda dan hingga akhir November ini belum dibebaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com