Kompas.com - 29/11/2012, 08:15 WIB
EditorEgidius Patnistik

SANAA, KOMPAS.com — Seorang diplomat Arab Saudi dan pengawalnya tewas ditembak di ibu kota Yaman, Sana'a, Rabu (28/11/2012).

"Kelompok bersenjata mengeluarkan tembakan ke arah mobil diplomat Saudi di satu kawasan di Sana'a selatan. Diplomat dan pengawalnya tewas," kata seorang pejabat keamanan kepada kantor berita Reuters.

Penembakan berlangsung di distrik Hada, yang dikenal sebagai kompleks kantor dan perumahan diplomat. Pelaku dilaporkan mengenakan seragam aparat keamanan Yaman. Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab.

Diculik

Pejabat keamanan mengatakan, korban bekerja sebagai wakil atase militer di kedutaan Saudi di Sana'a.

Arab Saudi, bersama Amerika Serikat, membantu Pemerintah Yaman menumpas kelompok-kelompok militan Islam, terutama di Yaman selatan, yang dilaporkan lemah dalam penegakan hukum. Di dalam negeri, Saudi juga mengerahkan upaya yang sama untuk memburu kelompok militan yang banyak mendapatkan pengaruh dari Al Qaeda.

Beberapa pihak mengatakan, sejumlah anggota kelompok militan di Saudi menyeberang ke Yaman untuk bergabung dengan kelompok Al Qaeda di jazirah Arab atau kelompok militan sealiran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa waktu lalu wakil konsul Saudi di Yaman diculik oleh Al Qaeda dan hingga akhir November ini belum dibebaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.