Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Punya Akademi Sinterklas

Kompas.com - 29/11/2012, 07:39 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Di negara yang lebih mengenal Natal sebagai saat yang menguntungkan bagi industri ritel ketimbang momen religius, menjadi Sinterklas pun perlu pelatihan khusus.

Akhir pekan lalu, 88 calon Sinterklas mengikuti pendidikan di Akademi Sinterklas Tokyo di distrik Roppongi yang prestisius. Mereka mempelajari sejumlah hal untuk menjadi ”santa-san”, begitu tokoh gemuk berjanggut putih dan berpakaian merah itu dikenal di Jepang.

Salah satunya, mempelajari trik sulap sederhana dan menjawab sapaan warga. ”Banyak anak kecil yang tidak lagi percaya Sinterklas. Karena itu, saya berpikir, mari hidupkan kembali Sinterklas,” ujar Masaki Azuma, kepala sekolah unik tersebut.

Sesi pagi diisi dengan program membiasakan diri siswa sebagai tokoh Sinterklas, dan tidak menjawab panggilan apa pun selain ”santa-san”. Trik sulap sederhana juga direkomendasikan Azuma untuk mencairkan kebekuan dan menarik perhatian anak-anak. Sesi berikutnya digunakan untuk berlatih menjawab pertanyaan anak-anak yang terkadang sulit dijawab, seperti ”Rumahku tidak punya cerobong asap dan kami juga memasang alarm sistem keamanan. Bagaimana caranya santa-san mengantarkan hadiahku ke rumah?”

Jawabannya, yang bertugas mengantar hadiah pasti menemukan jalan. Asyik juga.... (Reuters/Was)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com