Kompas.com - 29/11/2012, 07:39 WIB
EditorEgidius Patnistik

TOKYO, KOMPAS.com - Di negara yang lebih mengenal Natal sebagai saat yang menguntungkan bagi industri ritel ketimbang momen religius, menjadi Sinterklas pun perlu pelatihan khusus.

Akhir pekan lalu, 88 calon Sinterklas mengikuti pendidikan di Akademi Sinterklas Tokyo di distrik Roppongi yang prestisius. Mereka mempelajari sejumlah hal untuk menjadi ”santa-san”, begitu tokoh gemuk berjanggut putih dan berpakaian merah itu dikenal di Jepang.

Salah satunya, mempelajari trik sulap sederhana dan menjawab sapaan warga. ”Banyak anak kecil yang tidak lagi percaya Sinterklas. Karena itu, saya berpikir, mari hidupkan kembali Sinterklas,” ujar Masaki Azuma, kepala sekolah unik tersebut.

Sesi pagi diisi dengan program membiasakan diri siswa sebagai tokoh Sinterklas, dan tidak menjawab panggilan apa pun selain ”santa-san”. Trik sulap sederhana juga direkomendasikan Azuma untuk mencairkan kebekuan dan menarik perhatian anak-anak. Sesi berikutnya digunakan untuk berlatih menjawab pertanyaan anak-anak yang terkadang sulit dijawab, seperti ”Rumahku tidak punya cerobong asap dan kami juga memasang alarm sistem keamanan. Bagaimana caranya santa-san mengantarkan hadiahku ke rumah?”

Jawabannya, yang bertugas mengantar hadiah pasti menemukan jalan. Asyik juga.... (Reuters/Was)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.