Kompas.com - 27/11/2012, 18:12 WIB
EditorBenny N Joewono

PADANG, KOMPAS.com — Tiga haji Debarkasi Padang masih berada di Tanah Suci karena sakit dan belum dapat dipulangkan kendati seluruh kloter asal Debarkasi Padang telah tiba di Indonesia.

Tiga haji tersebut yakni Chairuddin Wahab (65), Muchlis Murad (70), dan Tati Rosmiati (62). Mereka akan dipulangkan jika kondisinya telah dinyatakan sehat, kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Padang Syamsul Bahri di Padang, Selasa (27/11/2012).

Ia menyebutkan, Chairuddin berasal dari Kabupaten Agam tergabung dalam kloter XVII dan saat ini berada di Jeddah.

Sementara itu, Muchlis Murad yang berasal dari Kota Padang tergabung dalam kloter XVIII, sedang dirawat di Rumah Sakit Uhud Madinah. Turut serta mendampingi  Muchlis  yakni istrinya, Tati Rosmiati, dari kloter yang sama.

Ia mengatakan, pihak keluarga tidak perlu khawatir karena panitia masih berada di Arab Saudi mendampingi dan semua biaya pengobatan ditanggung oleh Pemerintah Arab Saudi.

"Jika telah dinyatakan sehat oleh tim medis, mereka akan segera dipulangkan ke Tanah Air," ujarya.

Terkait proses pemulangan, menurut Syamsul, akan menjadi tanggung jawab Garuda Indonesia dan jika semua haji Indonesia telah sehat akan dipulangkan dengan penerbangan reguler.

Total jamaah haji Debarkasi Padang yang berangkat pada tahun ini berjumlah 7.356 orang, terdiri atas 20 kloter berasal dari Sumatera Barat, Bengkulu, dan Jambi.

Jumlah jamaah haji yang wafat di Tanah Suci pada tahun ini mencapai 23 orang atau mengalami peningkatan dibandingkan pada tahun 2011 yang hanya 21 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.