Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekas Mobil Paus Disewakan

Kompas.com - 27/11/2012, 12:40 WIB

DUBLIN, KOMPAS.com — Warga Irlandia kini bisa menyewa mobil yang pernah digunakan oleh Paus Yohanes Paulus II saat berkunjung ke negara itu pada tahun 1979 lalu.

Mobil van kecil berwarna kuning tersebut telah menjalani perbaikan dengan biaya hingga 60.000 euro atau sekitar Rp 750 juta lebih sebelum akhirnya bisa melaju lagi di jalan-jalan kota Dublin.

Mobil yang diberi nama Holy Smoke ini sudah mulai digunakan pada Senin (26/11/2012) kemarin dan bisa dipakai untuk sejumlah kegiatan temasuk pesta.

Pemilik mobil ini membujuk pelanggannya dengan kata-kata: "Sampaikan doa Anda dengan benar dan Anda bisa menempati tempat duduk yang pernah digunakan oleh Paus."

Ide menyewakan mobil yang pernah digunakan Paus ini datang dari seorang pengusaha bernama Paddy Dunning.

Dia mendapatkan mobil ini saat dia mengakuisisi Museum Lilin Dublin beberapa tahun lalu.  "Idenya datang saat saya duduk di belakang tirai tua dan saat itu roda pada mobil ini juga tidak ada," kata Dunning.

Potongan harga

Menurut dia, memalukan jika tidak bisa memperbaikinya kembali. Dunning mengatakan saat melakukan renovasi mobil tersebut, kursi yang pernah diduduki Paus sempat dia simpan di kediaman ibunya.

Namun, sekarang pengguna mobil tersebut bisa menggunakannya kembali dengan tampilan yang lebih menarik dan mesin mobil yang nyaman.

Saat ini mobil van tersebut juga sudah diberikan rangka Mercedes dan memiliki 14 kursi baru di dalamnya. "Ibu saya kemudian membersihkannya dan membuatnya terlihat mengilap setelah itu dia juga yang merawatnya."

Meski disewakan untuk berbagai kegiatan termasuk pesta, Dunning mengatakan mereka akan memberlakukan mobil ini dengan hati-hati. Mobil itu akan disewakan seharga 250 euro atau sekitar 3,1 juta lebih per jam.

Dunning akan memberikan potongan harga khusus jika mobil ini disewa untuk kegiatan amal. "Kami ingin orang menikmati pengalaman berbeda dalam menggunakan mobil ini dan kami akan berikan potongan harga bagi mereka yang menggunakannya untuk kegiatan amal," ujar Dunning.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com