Kompas.com - 27/11/2012, 12:40 WIB
EditorEgidius Patnistik

DUBLIN, KOMPAS.com — Warga Irlandia kini bisa menyewa mobil yang pernah digunakan oleh Paus Yohanes Paulus II saat berkunjung ke negara itu pada tahun 1979 lalu.

Mobil van kecil berwarna kuning tersebut telah menjalani perbaikan dengan biaya hingga 60.000 euro atau sekitar Rp 750 juta lebih sebelum akhirnya bisa melaju lagi di jalan-jalan kota Dublin.

Mobil yang diberi nama Holy Smoke ini sudah mulai digunakan pada Senin (26/11/2012) kemarin dan bisa dipakai untuk sejumlah kegiatan temasuk pesta.

Pemilik mobil ini membujuk pelanggannya dengan kata-kata: "Sampaikan doa Anda dengan benar dan Anda bisa menempati tempat duduk yang pernah digunakan oleh Paus."

Ide menyewakan mobil yang pernah digunakan Paus ini datang dari seorang pengusaha bernama Paddy Dunning.

Dia mendapatkan mobil ini saat dia mengakuisisi Museum Lilin Dublin beberapa tahun lalu.  "Idenya datang saat saya duduk di belakang tirai tua dan saat itu roda pada mobil ini juga tidak ada," kata Dunning.

Potongan harga

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, memalukan jika tidak bisa memperbaikinya kembali. Dunning mengatakan saat melakukan renovasi mobil tersebut, kursi yang pernah diduduki Paus sempat dia simpan di kediaman ibunya.

Namun, sekarang pengguna mobil tersebut bisa menggunakannya kembali dengan tampilan yang lebih menarik dan mesin mobil yang nyaman.

Saat ini mobil van tersebut juga sudah diberikan rangka Mercedes dan memiliki 14 kursi baru di dalamnya. "Ibu saya kemudian membersihkannya dan membuatnya terlihat mengilap setelah itu dia juga yang merawatnya."

Meski disewakan untuk berbagai kegiatan termasuk pesta, Dunning mengatakan mereka akan memberlakukan mobil ini dengan hati-hati. Mobil itu akan disewakan seharga 250 euro atau sekitar 3,1 juta lebih per jam.

Dunning akan memberikan potongan harga khusus jika mobil ini disewa untuk kegiatan amal. "Kami ingin orang menikmati pengalaman berbeda dalam menggunakan mobil ini dan kami akan berikan potongan harga bagi mereka yang menggunakannya untuk kegiatan amal," ujar Dunning.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.