Dulu Ternyata Pria, "Istri" Indonesia Ini Ditinggalkan Suaminya

Kompas.com - 27/11/2012, 11:05 WIB
EditorEgidius Patnistik

KOMPAS.com — Seorang pria Belgia mengisahkan "horor" yang dialaminya setelah tahu istri yang sudah 19 tahun bersamanya ternyata dulu adalah seorang pria.

Pria 64 tahun yang tertipu itu, yang hanya disebut sebagai Jan, mengatakan bahwa ia sama sekali tidak tahu bahwa pasangannya terlahir sebagai laki-laki. Fakta mengejutkan itu terbongkar setelah hampir dua dekade pernikahan mereka, saat seorang sepupu dari istrinya yang berasal dari Indonesia tak sengaja mengungkapkan kebenaran itu.

Jan menceritakan bagaimana ia bertemu "Monica" pada 1993 ketika "gadis" itu tiba di rumahnya di Antwerp sebagai pengasuh anak-anak dari saudara perempuan Jan. Pria itu menggambarkan istrinya "sangat cantik dan feminin". Namun, ia kini mengerti mengapa Monica "tidak pernah bisa menyetrika dengan baik".

Jan mengatakan kepada harian Nieuwsblad Belgia, "Pernikahan kedua saya bermasalah saat itu dan kami dengan cepat jatuh cinta. Saya pikir, dia seorang perempuan yang menarik, dan dia seorang perempuan seutuhnya, tidak punya sifat laki-laki. Dia berusia 27 tahun ketika itu, jadi saya bertanya apakah dia menginginkan anak-anak. Saya senang ketika dia bilang bahwa dia tidak ingin karena saya sudah 44 tahun dan saya sudah punya dua anak."

Jan melanjutkan, "Selama bertahun-tahun, dia bilang dia minum pil (KB), dan bahkan selama berhubungan seks saya tidak pernah melihat sesuatu apa pun (yang aneh), walau sekarang saya paham mengapa dia selalu menggunakan pelumas, yang tampaknya normal di kalangan transeksual. Dia selalu menjadi ibu yang baik bagi anak-anak saya. Dia juga juru masak yang fantastis, meskipun tidak cukup bagus pada urusan membersihkan (rumah) dan menyetrika, dan sekarang saya tahu mengapa!"

Jan mengatakan, hubungan mereka sudah mulai bermasalah selama dua tahun terakhir karena dia berkeras pergi ke luar rumah dengan pakaiannya yang sangat "berani". Jan menambahkan, "Dia mengenakan atasan yang minim, memperlihatkan banyak bagian tubuh, dan punya lebih dari 100 pasang sepatu. Saya juga mendapati dia memerhatikan foto-foto para pemuda di internet. Namun, saya tidak menduga sesuatu yang aneh sampai sepupunya datang berkunjung dan kelepasan bicara. Saya mengatakan hal itu ke putra saya dan ia mengatakan bahwa ia telah mendengar rumor itu juga, bahwa Monica dulunya seorang pria. Suatu malam saya meminta penjelasan darinya dan dia akhirnya mengaku terlahir sebagai anak laki-laki, dan menjalani operasi pergantian jenis kelamin."

"Dunia saya langsung runtuh dalam beberapa detik. Saya merasa ngeri. Saya merasa seperti telah diperkosa selama hampir 20 tahun," kata Jan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka masih tinggal dalam satu atap saat ini setelah hakim menolak permintaan Jan yang memungkinkan dia dapat mengusir Monica. Namun, lelaki itu menambahkan, "Kami tinggal di kamar yang terpisah dan jarang berbicara. Apa yang Monica sudah lakukan terhadap saya dan keluarga saya tidak dapat dimaafkan. Saya hanya ingin dia pergi dari kehidupan saya."



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X