Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Jerman Tewaskan 14 Orang

Kompas.com - 27/11/2012, 10:38 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Kebakaran yang terjadi di ruang balai latihan kerja bagi penyandang cacat di Titisee-Neustadt, Jerman, Senin (26/11) mengakibatkan 14 orang tewas dan delapan orang lain mengalami luka-luka. Setidaknya ada lima puluh orang yang sedang berada di balai latihan kerja saat api mulai membakar bangunan tersebut.

Penyebab terjadinya kebakaran bangunan yang dikelola oleh lembaga amal The Charity ini masih belum diketahui namun laporan media setempat mengatakan sumber api diperkirakan berasal ledakan yang terjadi di ruang penyimpanan di gedung itu.

Lokasi kebakaran ini dikenal sebagai tempat latihan kerja mengolah bahan dari kayu dan logam namun sejauh ini masih belum jelas apakah di tempat tersebut juga terdapat banyak peralatan dan bahan yang mudah terbakar.

Seorang petugas pemadam kebakaran bernama Alexander Widmaier mengatakan mereka datang ke lokasi hanya berselang enam menit setelah laporan kejadian mereka terima tetapi asap yang sangat tebal saat itu telah menutupi gedung dengan cepat.

Untuk mengendalikan api yang terus membesar, dinas pemadam kebakaran setempat mengerahkan 100 anggotanya ditambah dengan sebuah helikopter.

Bangunan Baru

Petugas yang menggunakan alat bantu pernapasan juga berupaya menembus asap dan mencoba membantu sejumlah korban yang terjebak di gedung tersebut. Polisi memastikan tidak semua korban yang terjebak dalam kebakaran itu selamat.

"Kami bisa sampaikan kepada anda bahwa ada 14 orang yang tewas. Proses identifikasi terhadap mereka saat ini tengah berlangsung," kata Juru Bicara Kepolisian setempat, Karl-Heinz Schmid kepada saluran televisi N24.

Polisi menurutnya masih membutuhkan waktu untuk menyelidiki penyebab munculnya api dalam kebakaran tersebut. Pemerintah kota juga berharap bisa segera mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

"Kebakaran itu sangat buruk. Kami sekarang harus mencari tahu apa yang terjadi di sana," kata Walikota Armin Hinterseh kepada harian Badische Zeitung.

Dia juga mengatakan bangunan yang terbakar tersebut merupakan bangunan baru. Kanselir Jerman Angela Merkel melalui akun twitternya mengatakan dia sangat terkejut dengan banyaknya orang yang tewas dalam kejadian itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com