Kompas.com - 27/11/2012, 10:38 WIB
EditorEgidius Patnistik

BERLIN, KOMPAS.com - Kebakaran yang terjadi di ruang balai latihan kerja bagi penyandang cacat di Titisee-Neustadt, Jerman, Senin (26/11) mengakibatkan 14 orang tewas dan delapan orang lain mengalami luka-luka. Setidaknya ada lima puluh orang yang sedang berada di balai latihan kerja saat api mulai membakar bangunan tersebut.

Penyebab terjadinya kebakaran bangunan yang dikelola oleh lembaga amal The Charity ini masih belum diketahui namun laporan media setempat mengatakan sumber api diperkirakan berasal ledakan yang terjadi di ruang penyimpanan di gedung itu.

Lokasi kebakaran ini dikenal sebagai tempat latihan kerja mengolah bahan dari kayu dan logam namun sejauh ini masih belum jelas apakah di tempat tersebut juga terdapat banyak peralatan dan bahan yang mudah terbakar.

Seorang petugas pemadam kebakaran bernama Alexander Widmaier mengatakan mereka datang ke lokasi hanya berselang enam menit setelah laporan kejadian mereka terima tetapi asap yang sangat tebal saat itu telah menutupi gedung dengan cepat.

Untuk mengendalikan api yang terus membesar, dinas pemadam kebakaran setempat mengerahkan 100 anggotanya ditambah dengan sebuah helikopter.

Bangunan Baru

Petugas yang menggunakan alat bantu pernapasan juga berupaya menembus asap dan mencoba membantu sejumlah korban yang terjebak di gedung tersebut. Polisi memastikan tidak semua korban yang terjebak dalam kebakaran itu selamat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami bisa sampaikan kepada anda bahwa ada 14 orang yang tewas. Proses identifikasi terhadap mereka saat ini tengah berlangsung," kata Juru Bicara Kepolisian setempat, Karl-Heinz Schmid kepada saluran televisi N24.

Polisi menurutnya masih membutuhkan waktu untuk menyelidiki penyebab munculnya api dalam kebakaran tersebut. Pemerintah kota juga berharap bisa segera mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

"Kebakaran itu sangat buruk. Kami sekarang harus mencari tahu apa yang terjadi di sana," kata Walikota Armin Hinterseh kepada harian Badische Zeitung.

Dia juga mengatakan bangunan yang terbakar tersebut merupakan bangunan baru. Kanselir Jerman Angela Merkel melalui akun twitternya mengatakan dia sangat terkejut dengan banyaknya orang yang tewas dalam kejadian itu.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X