Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perekonomian Zona Euro Makin Terpuruk

Kompas.com - 23/11/2012, 09:11 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Perekonomian zona euro sedang menuju kerterpurukan terdalam sejak awal 2009 sehingga semakin menimbulkan kecemasan di pasar. Untungnya, sentimen itu tertolong oleh berita pabrik-pabrik di China kembali bertumbuh bulan lalu, mengingat posisi China sebagai sumber pertumbuhan global.

Data Purchasing Managers' Index (PMI) terkini setidaknya menunjukkan pelambatan pada perekonomian global tidak bertambah buruk meski Eropa masih terpuruk. Indeks PMI AS yang dirilis hari Rabu (21/11/2012) menunjukkan sektor manufaktur bertumbuh dengan laju paling cepat dalam lima bulan. Sementara sektor manufaktur China berekspansi untuk pertama kalinya dalam 13 bulan.

Meski demikian, seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures, mata uang euro optimistis bantuan untuk Yunani akan cair. Euro melonjak ke posisi tertinggi tiga pekan versus dollar AS pada hari Kamis (22/11/2012). Ini terjadi di tengah harapan bahwa kreditur internasional akan segera menyepakati bantuan tahap berikutnya untuk Yunani.

Mata uang tunggal itu juga terbantu oleh data yang menunjukkan aktivitas manufaktur zona euro yang tidak seburuk ekspektasi pada bulan November sehingga meredakan kekhawatiran tentang resesi yang lebih dalam. Namun, pemulihan euro terlihat rapuh seiring masih suramnya prospek ekonomi dalam beberapa bulan mendatang, yang menjaga kemungkinan penurunan suku bunga oleh European Central Bank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com