Kompas.com - 22/11/2012, 22:36 WIB
EditorBenny N Joewono

MEDAN, KOMPAS.com - Hingga kelompok terbang 18 Debarkasi Medan, sebanyak 8.108 haji dari Sumatera Utara telah kembali dengan selamat ke Tanah Air.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan, Abdul Rahman Harahap, di Medan, Kamis, mengatakan, seluruh jamaah haji tersebut telah pulang ke daerah masing-masing di 33 kabupaten/kota di Provinsi Sumut.

Jamaah haji yang masih berada Mekkah, menurut dia, hanya tinggal satu kelompok terbang (Kloter), yakni Kloter 19 Debarkasi Medan.

Dijadwalkan Kloter 19 tersebut kembali ke Tanah Air dan tiba Bandara Internasional Polonia Medan, Selasa (27/11/2012) sekitar pukul 02.12 WIB.

"Rombongan jamaah Kloter 19 Debarkasi Medan sebanyak 102 orang, merupakan gabungan dari daerah Medan, Aceh dan Palembang," ujar Rahman, Kamis (22/11/2012).

Dia mengatakan, jumlah jamaah haji yang masih berada di Tanah Suci sebanyak 102 orang lagi, dan jamaah haji yang meninggal dunia tercatat 22 orang.

"Jamaah haji Debarkasi Medan yang masih berada di Mekkah itu, seluruhnya dalam keadaan sehat dan menunggu kepulangan mereka ke tanah air," kata Rahman.

Sementara itu, data yang diperoleh di PPIH Debarkasi Medan, jamaah Sumatera Utara tahun 2012 yang berangkat ke Mekkah, tercatat sebanyak 8.137 haji, dan 93 orang petugas TPHI dan TKHI.

Jemaah haji Debarkasi Medan yang terakhir tiba di tanah air adalah Kloter 18, Senin (20/11/2012) sebanyak 451 orang asal Kabupaten Labuhan Batu.

Salah seorang haji di Kloter 18 Debarkasi Medan atas nama Surahmi Binti Ahmad Raji (57) asal Kabupaten Labuhan Batu Selatan masih tinggal di Mekkah karena menderita sakit diabetes dan gangguan pernapasan.

Sementara Haji Surahmi Binti Ahmad Raji, saat ini masih dirawat intensif di Rumah Sakit Arab Saudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.