Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Ancam Balas Kematian Kasab

Kompas.com - 22/11/2012, 17:09 WIB

PESHAWAR, KOMPAS.com — Kelompok Taliban Pakistan, Kamis (22/11/2012), mengancam akan membalas India yang mengeksekusi mati anggota kelompok militan Pakistan, Mohammed Kasab, karena terlibat dalam serangan Mumbai 2008 yang menewaskan 156 orang.

Taliban meminta jenazah Kasab dikembalikan ke Pakistan. Jika permintaan ini tidak dipenuhi, Taliban akan melancarkan pembalasan.

"Kami akan membalas kematian Kasab," kata juru bicara Taliban, Ehsanullah Ehsan, melalui saluran telepon kepada AFP.

"Kami menuntut agar jenazah Kasab dikembalikan ke Pakistan. Jika jenazah Kasab tidak diserahkan kepada keluarganya, pembalasan kami jauh lebih dahsyat," sambung dia.

Kasab (25) dihukum gantung di sebuah penjara di wilayah barat India, Rabu (21/11/2012), setelah terbukti mengobarkan perang terhadap India dan atas perannya dalam aksi di Mumbai.

Kasab, seorang pekerja dan penjahat kelas teri, mengakui dia adalah anggota kelompok militan Pakistan Lashkar-e-Taiba. Dia adalah satu-satunya pelaku serangan yang selamat dari 10 pelaku penyerangan.

Taliban Pakistan juga mengkritik Pemerintah Pakistan yang tak memberi komentar apa pun atas eksekusi Kasab. Kementerian Luar Negeri Pakistan hanya mengeluarkan pernyataan ringan yang mengutuk terorisme.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com