Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKI Malang Meninggal di Arab Saudi

Kompas.com - 22/11/2012, 16:39 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Malang, Jawa Timur, diketahui meninggal di Arab Saudi. Ia adalah Adi Setiawan (34), TKI asal Dusun Dadapwetan RT 03/RW 03, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Hingga kini, penyebab meninggalnya Adi masih belum diketahui. Pihak keluarga di Malang, hanya mengetahui meninggalnya salah satu anggota dari situs jejaring sosial milik teman almarhum.

Ayah Adi, Ngatenu (60), saat ditemui wartawan di rumahnya, Kamis (22/11/2012), mengaku mengetahui berita duka itu dari perangkat desa setempat. Perangkat desa setempat, katanya, mendapat informasi dari salah satu teman Adi yang ada di wilayah Pujon, Kabupaten Malang bernama Sony. "Temannya itu yang sering berkomunikasi," ujarnya.

Adi berangkat ke Jeddah, Arab Saudi untuk mencari nafkah sejak tahun 2001 lalu melalui PT Andromeda Graha, cabang yang berlokasi di Kelurahan Bedali, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Ngatenu masih mempertanyakan kebenaran kematian putranya, karena belum menerima pemberitahuan secara resmi dari pihak terkait.

"Kami coba hubungi telepon anak saya, tidak bisa. Ya, mungkin benar memang meninggal. Pihak PT Andromeda Graha juga tidak mengetahuinya. Ya, hanya informasi dari temannya itu bahwa meninggal," katanya.

Sony, kata Ngatenu, mendapatkan kabar kematian Adi, dari Zaenal yang kini bekerja di Arab Saudi. Lebih lanjut, Ngatenu menjelaskan, menurut Zaenal bahwa Adi Setiawan memang sudah meninggal sejak 5 November 2012 lalu sekitar pukul 02.15 waktu Arab Saudi.

Ngatenu berharap pihak PJTKI bisa memulangkan jenazah anaknya ke Malang. Selain itu, Ngatenu juga menuntut kepada PT Andromeda sebagai pihak yang memberangkatkan putranya untuk bertanggung jawab dalam persoalan tersebut. "Pihak PJTKI harus bertanggung jawab. Karena anak saya berangkat secara legal," tandas Ngatenu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com