Kompas.com - 22/11/2012, 14:47 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Jangan lagi ada yang berani tampil tanpa busana di San Francisco, kota di pesisir Samudra Pasifik di sisi barat Amerika Serikat. Pasalnya, Badan Pengawas (Board of Supervisor) San Francisco menyetujui rancangan undang-undang (RUU) yang melarang siapa pun tampil tanpa busana alias tampil bugil atau memperlihatkan kemaluan di tempat-tempat umum.

Badan Pengawas alias Parlemen San Francisco menyetujui RUU itu dengan suara tipis enam setuju melawan lima suara menentang pada pemungutan suara hari Selasa waktu setempat. Kini, setiap orang di San Francisco dilarang tampil bugil di tempat umum, termasuk di jalan, trotoar, dan transportasi publik.

Anggota badan pengawas, Scott Wiener, yang mengajukan RUU ini setelah menerima keberatan dan protes dari warga, terutama berkenaan adanya sekelompok orang yang sering tampil telanjang di jalan-jalan di Distrik Castro. Distrik ini dikenal sebagai kawasan kaum gay.

Wiener yang datang dari distrik tersebut selama dua tahun mengajukan keberatan agar aktivitas telanjang ini dihentikan, menyusul sejumlah keberatan dari warga San Francisco yang melewati kawasan itu. Kelompok gay ini praktis setiap hari tampil telanjang di sana. "Ini sudah terlalu berlebihan. Ini soal mentalitas," ujar Wiener, sebagaimana dikutip kantor berita AP, Kamis (22/11/2012).

Larangan ini semula mendapat kecaman dari kelompok gay. Namun, kini mereka harus menghentikan aksi tampil bugil.

Dalam RUU yang diajukan Wiener, pelanggaran tingkat pertama atas UU ini akan dikenai penalti maksimum denda 100 dollar AS atau sekitar Rp 1 juta. Namun, hakim bisa menjatuhkan hukuman denda hingga 500 dollar AS dan hukuman penjara satu tahun apabila si pelaku tiga kali melakukan pelanggaran dengan sengaja tampil bugil di tempat umum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.