Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Sindikasi 120 Juta Dollar AS untuk Garuda

Kompas.com - 21/11/2012, 18:17 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Citi dan enam Lembaga Keuangan Internasional terkemuka, hari Rabu (21/11/2012 ) ini mengumumkan pemberian fasilitas kredit sindikasi (syndicated credit facility) senilai 120 juta dollar Amerika untuk PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk .

Pemberian fasilitas kredit sindikasi oleh lembaga -lembaga keuangan internasional tersebut merupakan kepercayaan terhadap Garuda sejalan berbagai pencapaian yang diraih Garuda hingga saat ini, dan rencana pengembangan Garuda ke depan.  

"Sejalan program pengembangan armada untuk mendukung peningkatan bisnis kedepan, Garuda akan mendatangkan sebanyak 24 pesawat baru pada tahun 2013 yang terdiri dari 4 Boeing B777-300ER, 3 Airbus A330, 10 Boeing B738NG dan 7 Bombardier CRJ1000NextGen," kata CEO Garuda Indonesia (Persero) Tbk Emirsyah Satar , Rabu (21/11/2012) di Jakarta.  

Tujuh bank yang memberikan fasilitas kredit sindikasi tersebut adalah Citi, PT. Bank Panin Tbk, PT Bank ICBC Indonesia; First Gulf Bank PJSC, cabang Singapura, Korea Development Bank, Standard Chartered Bank, dan Bank of China Limited.

Emirsyah Satar menjelaskan, fasilitas kredit senilai 120 juta dollar AS berjangka waktu 2 tahun tersebut akan digunakan untuk keperluan bersifat umum, termasuk pembiayaan pre-delivery pesawat serta kebutuhan modal kerja lainnya.

Kunardy Lie, Head of Corporate and Investment Banking, Citi Indonesia, mengatakan bahwa "Meskipun saat ini kondisi pasar keuangan global masih menantang, transaksi ini masih menerima respon yang sangat baik dan mendapat dukungan di luar perkiraan dari kelompok pemberi pinjaman dalam dan luar negeri, sehingga Garuda memutuskan untuk meningkatkan nilai pinjaman yang awalnya hanya bernilai 75 juta menjadi 120 juta dollar AS."

Emirsyah juga mengatakan bahwa Garuda memberikan amanat kepada Citi untuk bertindak sebagai Coordinating Bank, Agent dan Account Bank, PT Bank ICBC Indonesia sebagai Security Agent , dan Citi, bersama-sama dengan PT. Bank Panin Tbk, PT Bank ICBC Indonesia, First Gulf Bank PJSC (Cabang Singapura), Korea Development Bank, dan Standard Chartered Bank bertindak sebagai Mandated Lead Arranger dan Bookrunner untuk transaksi, dengan Bank of China Limited bertindak sebagai Lead Arranger.

"Citi senang dapat mengkoordinasikan pinjaman sindikasi ini, untuk yang kedua kalinya secara berturut-turut bagi Garuda. Ini merupakan tonggak pencapaian bagi Garuda dan Citi bersama-sama. Kami juga sangat menghargai dukungan dari bank-bank lain yang terlibat di dalam fasilitas ini," kata Kunardy.

"Dengan pertumbuhan perekenomian negara yang cukup baik ke depan, yang didasarkan pada kekuatan konsumsi domestik yang disumbang oleh kelas menengah, maka akan memberikan peluang besar kepada Garuda untuk terus tumbuh sesuai yang diharapkan. Kami tetap berkomitmen pada strategi bisnis untuk mencapai tujuan meningkatkan pangsa pasar di domestik, regional, dan internasional, memperkuat peringkat kepuasan pelanggan dan mempertahankan disiplin manajemen biaya," kata Emir.     

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com