Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Buka Pulau Manus

Kompas.com - 21/11/2012, 11:59 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Ada 19 pencari suaka yang akhirnya menempati Pulau Manus. Mereka menjadi pionir bagi para pencari suaka ke Australia untuk tinggal sementara di pulau itu. "Kami membuka fasilitas baru di Pulau Manus untuk para pencari suaka," demikian Menteri Imigrasi Australia Chris Bowen mengumumkan resmi hal itu sebagaimana warta ABC pada Rabu (21/11/2012).

Pulau Manus, terang Bowen memang tidak berada di wilayah Australia. Secara administratif, pulau itu ada di wilayah Papua Nugini. Sementara, kedatangan para pencari suaka itu didampingi pihak Kepolisian Federal Australia, staf keimigrasian, penerjemah, staf pelayanan medis dan anak-anak.

Bowen menambahkan selain di Pulau Manus, Australia juga bakal membuka kembali rumah detensi di Pontville. Rumah bagi pencari suaka itu berada di selatan Tasmania.

Sejek pertengahan Agustus tahun ini, tercatat 7.500 pencari suaka datang ke wilayah Australia. Mereka kebanyakan datang dengan perahu. Selain kedua lokasi itu, Australia juga memanfaatkan rumah detensi di Nauru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com