Kompas.com - 21/11/2012, 11:59 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Ada 19 pencari suaka yang akhirnya menempati Pulau Manus. Mereka menjadi pionir bagi para pencari suaka ke Australia untuk tinggal sementara di pulau itu. "Kami membuka fasilitas baru di Pulau Manus untuk para pencari suaka," demikian Menteri Imigrasi Australia Chris Bowen mengumumkan resmi hal itu sebagaimana warta ABC pada Rabu (21/11/2012).

Pulau Manus, terang Bowen memang tidak berada di wilayah Australia. Secara administratif, pulau itu ada di wilayah Papua Nugini. Sementara, kedatangan para pencari suaka itu didampingi pihak Kepolisian Federal Australia, staf keimigrasian, penerjemah, staf pelayanan medis dan anak-anak.

Bowen menambahkan selain di Pulau Manus, Australia juga bakal membuka kembali rumah detensi di Pontville. Rumah bagi pencari suaka itu berada di selatan Tasmania.

Sejek pertengahan Agustus tahun ini, tercatat 7.500 pencari suaka datang ke wilayah Australia. Mereka kebanyakan datang dengan perahu. Selain kedua lokasi itu, Australia juga memanfaatkan rumah detensi di Nauru.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X