Kompas.com - 21/11/2012, 11:50 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintah AS, Selasa (20/11), menjatuhkan sanksi terhadap sebuah lembaga dan dua orang karena hubungan mereka dengan Taliban.

Departemen Keuangan AS memasukkan ke dalam daftar hitam Rahat Ltd, sebuah hawala (semacam lembaga keuangan) yang cabangnya di Afganistan, Pakistan dan Iran diduga telah digunakan Taliban untuk memfasilitasi kegiatan keuangan mereka.

Hawala merupakan sebuah sistem pengiriman uang secara tradisional yang digunakan di negara Arab dan sub-benua India. Dalam sistem itu uang diberikan kepada seorang agen yang kemudian menginstruksikan seorang rekan di daerah atau negara terkait untuk melakukan pembayaran ke penerima.

Kementerian Keuangan AS juga membidik Mohammed Qasim, pemilik Rahat Ltd, dan Musa Kalim, pemilik dan manager cabang usaha tersebut di Quetta, Pakistan.

"Rahat Ltd telah digunakan secara luas oleh pemimpin senior Taliban untuk mendanai kegiatan kekerasan mereka," kata departemen itu di dalam satu pernyataan. Pernyataan itu juga menyatakan, Rahat Ltd telah membantu dalam memfasilitasi transaksi jutaan dolar AS guna mendukung Naim Barich, gubernur bayangan Taliban di Provinsi Helmand, Afganistan. Barich telah dimasukkan ke dalam Daftar Dewan Keamanan PBB 1988.

Washington menjatuhkan sanksi terhadap Barich pada Kamis lalu karena kegiatan produksi besar dan pendistribusian narkotika.

"Tindakan hari ini menunjukkan upaya kami untuk terus menyasar dan mengganggu aktivitas keuangan terkait dengan penggunaan halawa oleh Taliban," kata David Cohen, wakil menteri keuangan untuk urusan terorisme dan intelijen keuangan. "Kami akan terus mengekspos jaringan terlarang ini dan mencabut Taliban dari sumber-sumber pendanaan mereka di mana pun mereka berada," tambahnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X