Kompas.com - 21/11/2012, 10:39 WIB
|
EditorTri Wahono

PHNOM PENH, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera mengirim Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa ke Myanmar. Hal tersebut untuk menindaklanjuti rencana bantuan Indonesia untuk menyelesaikan konflik Rohingya.

Demikian disampaikan Presiden SBY di Phnom Penh, Kamboja, Rabu (21/11/2012), menjelang keberangkatan ke Islamabad, Pakistan, seusai menghadiri rangkaian KTT ke-21 ASEAN.

Menlu Marty Natalegawa akan melakukan pertemuan dengan Menlu Myanmar untuk membahas bantuan kemanusiaan jenis apa yang diperlukan untuk membantu warga Rohingya dan merekonstruksi dampak konflik di sana.

"Kita tidak bisa mengirim bantuan kemanusiaan begitu saja ke Rohingya," kata Presiden.

Namun, dalam kesempatan tersebut, Presiden belum menjelaskan seberapa besar bantuan yang akan diberikan karena akan dibahas terlebih dahulu dengan Pemerintah Myanmar.

Dalam penyelesaian konflik Rohingnya sendiri, Indonesia aktif bersama Malaysia dan Brunei Darussalam mendorong organisasi konferensi Islam dan negara-negara Islam untuk membantu penyelesaian.

"Kita semua berharap sebagai organisasi bisa membantu penyelesaian konflik dan rehabilitasi warga Rohingya," ujar Presiden.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hari ini, Presiden dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Islamabad, ibu kota Pakistan, untuk menghadiri KTT D-8 yang akan dilaksanakan pada Kamis (22/11/2012).

D-8 yang didirikan pada 1997 ini merupakan perkumpulan negara-negara berkembang yang berpenduduk mayoritas muslim untuk mempererat kerja sama pembangunan. Mereka adalah Indonesia, Pakistan, Malaysia, Iran, Mesir, Turki, Banglades, dan Nigeria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.