Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: Situasi di Goma Kritis

Kompas.com - 21/11/2012, 10:05 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Situasi di Goma, kota strategis di bagian timur Republik Demokratik Kongo yang direbut kelompok pemberontak M23, dalam kondisi kritis, kata juru bicara PBB, Eduardo Del Buey.

"Situasi di dan sekitar Goma telah mencapai tahap kritis," kata Del Buey seperti dikutip Pusat Pemberitaan PBB.

"Pihak militer M23 terus maju. Laporan-laporan menunjukkan bahwa M23 telah melukai penduduk sipil, menculik anak-anak dan perempuan, menghancurkan dan menjarah properti, dan mengintimidasi wartawan serta siapa saja  yang  mencoba untuk melawan kendali mereka," kata Del Buey

Juru bicara pemberontak M23, Kolonel Vianney Kazarama, mengatakan kepada Associated Press bahwa pasukan pemberontak telah menguasai kota, ibu kota Provinsi North Kivu yang berbatasan Rwanda, dan merebut bandara internasional yang sebelumnya di bawah kendali Misi Organisasi Stabilisasi PBB di Republik Kongo (MONUSCO).

Bandara itu, yang ditutup untuk perjalanan internasional sejak letusan gunung berapi 2002, tetap dibuka untuk penerbangan domestik dan penerbangan  penumpang ke Uganda.

Sejak 2004, daerah tersebut merupakan zona konflik bersenjata antara pemerintah Republik Kongo dan kelompok bersenjata anti-pemerintah, yang diduga didukung Rwanda.

Gerakan 23 Maret (M23)  terutama terdiri dari tentara yang memberontak pada  tentara nasional Kongo pada  April. Gerakan ini mengintensifkan kegiatannya selama akhir pekan, merebut kota Kibumba,  sekitar 20 mil dari Goma pada  Sabtu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com