Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perekonomian Zona Euro Terindikasi Memburuk

Kompas.com - 21/11/2012, 08:10 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Lembaga pemeringkat Moody's memangkas peringkat Perancis menjadi Aa dan menahan gambaran tetap negatif atas negara itu. Hal ini mengindikasikan memburuknya perekonomian di zona euro hingga 2013.

Dalam keterangannya, Moody's memperkirakan pertumbuhan ekonomi Perancis memburuk dan beban utang Perancis naik menjadi 91 persen dari produk domestik bruto untuk tahun anggaran 2013. Namun, Presiden Perancis Francois Hollande tidak mengkawatirkan penurunan peringkat ini karena pengalaman sebelumnya ketika Standard & Poor's memangkas peringkat Perancis dari AAA menjadi AA+ pada 13 Januari 2012, imbal hasil obligasi pemerintah 10 tahun hanya 9,4 persen.

Pada perdagangan Selasa (20/11/2012), menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, imbal hasil obligasi pemerintah 10 tahun naik 8 basis poin menjadi 2,15 persen. Posisi terendah sebelumnya di 2,02 persen pada 3 Agustus lalu.

"Pemangkasan ini mengindikasikan perekonomian di zona euro yang masih memburuk. Kemungkinan penurunan peringkat bisa berlanjut," kata Lana, Rabu (21/11/2012).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com