Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Saja Korban Serangan Israel?

Kompas.com - 20/11/2012, 09:10 WIB
Simon Saragih

Penulis

JERUSALEM, KOMPAS.com — Para petani yang dalam perjalanan dari ladang menuju pasar, pekerja pembersih air, dan warga yang kebetulan berada dekat target-target serangan adalah para korban tewas serangan Israel ke Jalur Gaza. Mereka menjadi korban walau tidak berbahaya bagi Israel.

Menurut harian Israel Haaretz, Selasa (20/11/2012), ada sebanyak 34 warga dengan kategori di atas yang tewas dari sekitar 96 warga Palestina yang tewas dalam serangan Israel sejak Minggu pagi. Hanya ada enam orang dari kelompok militan yang menjadi korban serangan.

Di antara para korban tewas itu adalah 12 orang anggota keluarga Daloo dan Manzar. Empat di antaranya adalah anak kecil, yang menurut Departemen Pertahanan Israel telah menjadi korban salah sasaran.

Dari sejumlah 96 orang korban tewas, sebanyak 58 orang adalah warga biasa dan setidaknya 18 orang anak-anak, sebagaimana diungkapkan Palestinian Center for Human Rights, Al Mezan Center for Human Rights, dan sumber-sumber di Jalur Gaza.

Meski demikian, sumber di Palestina mengonfirmasi bahwa Israel telah memperingatkan Jalur Gaza akan diserang sehingga ada kesempatan bagi warga sipil untuk menghindar. Beberapa warga Palestina menyatakan telah menerima pesan di telepon seluler bahwa serangan akan dilakukan.

Israel juga sudah melakukan tembakan peringatan pertanda akan ada serangan. Akan tetapi, peringatan ini tidak efektif karena sasaran Israel tidak pilih bulu.

Di samping korban tewas, juga ada 700 orang yang cedera, termasuk 215 anak-anak. Sebanyak 585 bangunan rusak, termasuk 46 bangunan yang rusak total.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com