Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xi Jinping Peringatkan Pejabat Soal Korupsi

Kompas.com - 19/11/2012, 18:55 WIB
Simon Saragih

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Pemimpin baru China Xi Jinping memperingatkan para pejabat agar berjuang memerangi masalah korupsi yang terus meningkat atau negara berada dalam risiko. Itu adalah bagian dari isi pidato yang dia sampaikan di akhir pekan tetapi baru dipublikasikan kantor berita China, Xinhua, pada hari Senin (19/11/2012).

Xi tidak menawarkan program efektif tentang perang melawan korupsi. Namun di hadapan 25 orang anggota Politbiro Partai Komunis, badan pembuat keputusan utama negara, Xi mengatakan partai harus waspada.

Xi mengingatkan isu korupsi di banyak negara dalam tahun-tahun terakhir telah memicu kerusuhan sosial dan menyebabkan kejatuhan sejumlah pemerintahan. "Ada banyak fakta yang menunjukkan bahwa masalah korupsi yang memburuk bisa mengarah pada kejatuhan partai dan Negara," kata Xi.

"Dalam tahun-tahun terakhir di dalam partai kita telah terjadi pelanggaran serius soal disiplin, bahkan tergolong sangat buruk. Ini memiliki dampak besar pada politik dan sudah selayaknya menjadi peringatan," kata Xi, yang terpilih jadi Presiden China pada 15 November lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com