Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Remaja 16 Tahun Bobol Windows Phone 8

Kompas.com - 19/11/2012, 17:21 WIB
microsoft


KOMPAS.com - Seorang remaja berusia 16 tahun mengklaim, dirinya berhasil membobol keamanan sistem operasi ponsel pintar Windows Phone 8. Ia berhasil membuat perangkat lunak yang dapat mencuri data penting pengguna Windows Phone 8.

Dia adalah Shantanu Gawde yang berasal dari India. Dengan perangkat lunak yang mengandung program rancangannya, Gawde dapat mencuri informasi kontak, data pribadi, dan gambar dari ponsel Windows Phone 8.

Tapi, Gawde tak akan menggunakannya untuk aksi kriminal. Justru, ia ingin mengungkap cara, dan memberi tahu kelemahan Windows Phone 8 itu kepada Microsoft dalam konferensi keamanan Malcon 2012 yang diselenggarakan di New Delhi, India, 23 November mendatang.

Pihak Microsoft sudah mengetahui rencana tersebut, dan siap mempelajari presentasi yang dipaparkan Gawde.

Meski terbilang muda, tapi Shantanu Gawde bukanlah nama baru dalam dunia peretas (hacker). Ia mendapat Sertifikat Pengembang Aplikasi Microsoft saat berusia 7 tahun. Di India, Gawde sering dijuluki "peretas muda beretika," lantaran ia mampu merancang program jahat yang berbahaya, namun ia tak memanfaatkannya untuk tindakan kriminal.

Pada 2011 lalu, Gawde meretas kontroler pendeteksi gerak dan suara Kinect buatan Microsoft, untuk mencuri foto tanpa sepengetahuan pengguna dengan memanfaatkan program jahat yang berjalan di komputer bersistem operasi Windows 7.

Shantanu Gawde, "peretas muda beretika" dari India

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com