Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Aceh Sumbang Palestina Rp 1,16 Miliar

Kompas.com - 19/11/2012, 11:50 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Aceh berhasil menghimpun dana senilai Rp 1.163.872.800 untuk disumbangkan kepada rakyat Palestina yang hingga Minggu malam masih menghadapi agresi militer dari Israel.

Sebanyak Rp 477.151.400 dari total dana itu terkumpul melalui kegiatan Road to Concert (RTC) di seluruh kabupaten/kota dalam Provinsi Aceh, sedangkan sisanya terkumpul saat Konser Kemanusiaan dari Aceh untuk Rakyat Palestina yang digelar di Gedung AAC Dayan Dawood Darussalam, Banda Aceh, Minggu (18/11/2012).

Menurut Ketua Panitia Konser, Afrial Hidayat, selain uang, ada juga sumbangan dalam bentuk emas batangan, 32 jam tangan, 46 cincin emas, 18 anting emas, 1 liontin, 1 kamera, 2 laptop, dan 10 unit handphone.

"Semua sumbangan tersebut masih jumlah sementara yang kita terima dan terkumpul dari seluruh Aceh maupun pada saat konser," ungkapnya. Hingga kemarin sore, panitia masih menghitung donasi yang masuk dan akan mengumumkan data terbaru setelah seluruhnya dihitung.

Vokalis Padi, Fadli, yang tampil dengan baju koko coklat plus kopiah hitam, membuat penonton semakin bersemangat. Fadli membawakan lagu "Shalawat Nabi", kemudian dilanjutkan dengan lagu "We Will Not Go Down", serta lagu duetnya dengan Maher Zain, "Insya Allah".

Pada akhir penampilannya, Fadli melelang mikrofon yang dipakainya sejak menjadi vokalis kelompok Band Padi. "Mik ini sudah saya pakai sekitar 13 tahun," ucap Fadli.

Mik tersebut akhirnya jatuh ke tangan H Raihan Iskandar Lc, politisi PKS. Anggota DPR RI dari Aceh ini memenangkan lelang dengan harga Rp 17 juta.

Selain itu, panitia juga berhasil melelang syal/kafiyeh khas Palestina yang telah ditandatangani oleh penyanyi religius asal Swedia, Maher Zain. Lelang syal disambut berbagai tawaran yang dimulai dari angka Rp 3 juta. Namun, syal itu berhasil didapat Wakil Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal, dengan harga Rp 13 juta.

Sebagai bentuk dukungan tersebut, Pemkot Banda Aceh juga menyumbang Rp 202 juta yang berasal dari staf di jajaran pemerintahan kota.

Ketua KNRP Pusat Suripto mengatakan, semua dana yang terkumpul dari Aceh itu akan diserahkan kepada rakyat Palestina. Sumbangan akan diberikan dalam bentuk membangun rumah sakit, merehab gedung dan fasilitas umum yang rusak dihantam roket Israel, serta memberikan bantuan obat-obatan dan beasiswa bagi anak-anak Palestina.

Perwakilan dari Palestina, Syaikh Shadi Rageb, dalam orasinya mengulas banyak hal lika-liku perjuangan Palestina melawan agresi Israel. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Aceh. "Perjuangan rakyat Palestina mempertahankan tanah Palestina dan Masjid Al-Quds dari jajahan Israel bukan hanya milik Palestina, melainkan juga seluruh rakyat di dunia. Karena itu, tanah yang menjadi kiblat pertama umat Islam dan tempat awalnya Isra Mikraj Rasulullah saw,” ungkapnya dalam bahasa Arab yang diterjemahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com