Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Dua Anak Tewas dalam Aksi Bakar Diri

Kompas.com - 19/11/2012, 02:37 WIB

Beijing, Minggu - Seorang perempuan Tibet pengemudi taksi, yang juga ibu dua anak, tewas setelah melakukan aksi bakar diri. Ibu tersebut menjadi korban terbaru dalam gelombang aksi bakar diri yang dilakukan untuk memprotes kekuasaan China atas Tibet.

Chagmo Kyi membakar diri, Sabtu (17/11) sore, di sebuah lapangan di daerah Tongren, Provinsi Qinghai, China barat laut. Menurut organisasi International Campaign for Tibet, yang berbasis di AS, ini adalah aksi bakar diri ke-8 di wilayah Tongren sejak 4 November lalu.

Insiden bakar diri tersebut juga dilaporkan kelompok hak asasi manusia (HAM) Free Tibet yang berbasis di London, Inggris.

Menurut International Campaign for Tibet, sebanyak 75 orang telah membakar diri di daerah etnis Tibet sejak Februari 2009, dan sebagian besar tewas.

Kedua kelompok HAM itu mengatakan, ratusan orang Tibet dikelilingi pasukan keamanan saat mereka menghadiri kremasi Chagmo Kyi di tempat yang biasanya digunakan untuk kremasi biksu dan lama.

Perempuan tersebut selama ini dikenal sebagai pengemudi taksi antara Tongren dan Xinig, ibu kota Provinsi Qinghai, dan dia juga seorang petani.

Free Tibet mengatakan, sedikitnya 20 truk, masing-masing membawa 20 petugas polisi bersenjata, ditempatkan di persimpangan di ibu kota Tongren, Rongwo, tempat orang-orang melakukan aksi bakar diri sebelumnya.

Di Toulouse, Perancis, polisi menyatakan, Kamis pekan lalu, seorang biksu Inggris tewas di sebuah biara Buddhis Tibet di Perancis setelah dia menyiram diri dengan bensin dan membakar diri.

Biksu berusia 38 tahun yang tak disebutkan namanya itu nekat membakar diri sebagai aksi solidaritas. (AFP/AP/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com