Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oposisi Suriah Tempatkan Dubes di Perancis

Kompas.com - 17/11/2012, 22:01 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Presiden Perancis Francois Hollande dan pemimpin koalisi oposisi baru Suriah Moaz al-Khatib mengumumkan penempatan duta besar di Perancis.

Keputusan mengejutkan itu diumumkan setelah Francois Hollande dan Moaz al-Khatib mengadakan perundingan di Paris, Sabtu (17/11/2012).

"Akan ada duta besar Suriah untuk Perancis yang akan diangkat oleh presiden koalisi," kata Hollande dalam keterangan pers seusai perundingan.

Moaz al-Khatib mengatakan, duta besar yang akan ditempatkan di Perancis adalah Mounzir Makhous, seorang akademisi yang menjadi "salah satu orang pertama yang berbicara mengenai kemerdekaan" di Suriah.

"Dia adalah salah seorang sosok yang paling memenuhi syarat di Suriah. Dia akan mewakili koalisi di sini. Kami akan bekerja sama dengan semua pihak terkait yang ingin mewujudkan keadilan dan kekebasan."

Perancis tercatat sebagai satu-satunya negara Barat yang mengakui koalisi oposisi Suriah yang dibentuk pada pekan lalu.

Hollande mengatakan telah menginstruksikan kepada Menteri Luar Negeri Laurent Fabius untuk meyakinkan negara-negara Eropa agar mengikuti jejak Perancis dengan memberikan pengakuan kepada koalisi oposisi.

Menteri Luar Negeri  Perancis akan menyampaikan pesan presiden dalam pertemuan menteri luar negeri Uni Eropa pada Senin (19/11/2012).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com