Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roket Gaza Hantam Kawasan Permukiman Tepi Barat

Kompas.com - 17/11/2012, 01:50 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com — Sebuah roket yang ditembakkan pejuang di Jalur Gaza menghantam kawasan permukiman Tepi Barat sebelah selatan Jerusalem. Demikian disampaikan pihak kepolisian Israel, Jumat (16/11/2012).

"Informasi awal menunjukkan bahwa sebuah roket jatuh di Gush Etzion di Judea dan Samaria, (Tepi Barat) dan polisi sedang dalam perjalanan menuju ke sana," kata Juru Bicara Kepolisian Luba Samri kepada AFP.

Militer mengonfirmasi bahwa sebuah roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza menghantam "daerah terbuka di luar Jerusalem". Namun, tidak ada penjelasan lebih lanjut terkait peristiwa itu. Hanya disebutkan bahwa serangan itu tidak menimbulkan korban atau kerusakan.

Sayap militer gerakan Hamas yang menguasai Gaza mengklaim bertanggung jawab atas penembakan roket itu. "Brigade Qassam membom wilayah pendudukan Jerusalem dengan roket Qassam M75," kata Brigade Ezzedine Al-Qassam dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke AFP.

Serangan itu berlangsung hanya beberapa jam setelah sebuah roket lain yang ditembakkan dari Gaza jatuh ke laut di lepas pantai Tel Aviv pusat, yang menimbulkan kepanikan para pengunjung pantai. Roket tersebut menghantam daerah perairan yang hanya berjarak 200 meter dari Kedutaan Besar AS di kawasan pesisir.

Serangan roket Gaza ke daerah Tel Aviv itu berlangsung pada hari kedua berturut-turut dan aparat-aparat Israel menyebutnya sebagai penembakan pertama terhadap kota tersebut sejak Perang Teluk 1991, ketika wilayah itu dihantam oleh rudal-rudal Scud Irak.

Sementara itu, pada Kamis (15/11/2012), sebuah roket menghantam kawasan laut di lepas pantai Jaffa, tepat sebelah selatan Tel Aviv pusat. Serangan itu diklaim oleh Jihad Islam yang menyatakan menembakkan roket Fajr 5 buatan Iran dan menjangkau lokasi terjauh di Israel yang pernah dicapai pejuang Gaza dengan roket mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com