Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Teri Goreng dan Kacang, Lauk Jemaah Haji

Kompas.com - 16/11/2012, 17:14 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Jemaah haji asal Maluku Utara (Malut) mempermasalahkan menu makanan yang mereka peroleh selama berada di Tanah Suci, karena menu makanan tidak disesuaikan dengan kondisi usia para jemaah haji.

"Lauk yang diberikan kepada kami berupa ikan teri goreng dan kacang. Lauk ini memang enak tapi banyak jemaah haji Malut, terutama yang berusia lanjut merasa tak cocok dengan lauk itu," kata salah seorang jemaah haji Malut, Wahab Conoras, setelah acara penjemputan jemaah haji Malut di Ternate, Jumat (16/11/2012).

Para jemaah haji Malut berusia lanjut yang menerima lauk ikan teri dan kacang goreng itu, terpaksa hanya makan nasi dan sayuran, sehingga sangat mempengaruhi asupan gizi yang masuk dalam tubuh mereka.

Oleh karena itu, Wahab Conoras menyarankan kepada Kementerian Agama RI, termasuk Panitia Penyelenggara Haji di Malut untuk memperhatikan masalah menu makanan yang diberikan kepada jemaah haji pada penyelenggaraan haji tahun-tahun berikutnya.

Mengenai pemondokan dan transportasi jemaah haji Malut selama berada di Tanah Suci, masih diwarnai dengan berbagai kekurangan namun secara umum tidak menjadi masalah mendasar bagi para jamaah haji Malut.

Ia mengatkaan, pemondokan selama berada di embarkasi haji Makassar, baik saat akan berangkat ke Tanah Suci maupun setelah kembali, juga tidak ada masalah, begitu pula saat pengangkutan dari Makassar ke Ternate.

Jemaah haji Malut menilai Panitia Penyelenggara Jemaah Haji Malut telah memberikan pelayanan secara maksimal kepada para jemaah haji Malut, begitu pula pemda di Malut telah menunjukan perhatiannya, di antaranya dengan menanggung seluruh biaya embarkasi haji para jamaah haji Malut.

Sementara itu dari Panitia Penyelenggara Haji Malut diperoleh keterangan bahwa saat ini sebanyak 978 jemaah haji Malut telah tiba di Ternate menggunakan penerbangan Sriwijaya Air sejak hari Kamis kemarin.

Saat ini tersisa 80 orang lebih jemaah haji Malut yang masih berada di dembarkasi Makassar dan dijadwalkan mereka akan diterbangkan dari Bandara Hasanuddin Makassar ke Bandara Babullah Ternate pada pukul 17.00 WITA.

Jumlah jemaah haji Malut tahun ini sebanyak 1067 orang namun empat haji di antaranya wafat di Tanah Suci. Jumlah itu tidak termasuk dengan enam orang Jamaah Calon Haji (JCH) Malut yang batal berangkat ke Tanah Suci karena alasan sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com