Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.000-an Lebih Wartawan Liput KTT ASEAN

Kompas.com - 16/11/2012, 12:36 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

PHNOM PENH, KOMPAS.com- Sedikitnya 2.246 orang jurnalis berbagai jenis media, sebagian besar berasal dari 49 negara, akan hadir meliput perhelatan akbar tahunan organisasi negara-negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN), 15-20 November, di Phnom Penh, Kamboja.

Seperti dikabarkan, Kamboja sebagai tuan rumah ASEAN tahun ini untuk terakhir kalinya di masa jabatannya itu menggelar serangkaian Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan Asia Timur, yang dihadiri para kepala negara dari 10 negara anggota ASEAN dan negara-negara mitra wicara lainnya.

Pihak panitia saat ditemui wartawan Kompas Wisnu Dewabrata di media center gedung Peace Palace, tempat seluruh pertemuan akan berlangsung, menjelaskan, pihaknya telah menyediakan sedikitnya 300 unit komputer dan sambungan internet, serta 48 booth untuk media elektronik di lokasi ini.

Seperti disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa saat ditemui Kompas Senin kemarin, sejumlah isu hangat akan menjadi topik pembahasan yang akan dibahas dalam KTT ke-21 ASEAN kali ini. Isu-isu hangat itu seperti sengketa Laut China Selatan, masalah Rohingya, dan juga sejumlah isu ekonomi lain.

Organisasi ASEAN berencana membentuk Komunitas Bersama ASEAN tahun 2015, di mana di antara kesepuluh Negara tadi akan memiliki kesalingterkaitan, baik dalam konteks politik dan keamanan, ekonomi, serta social dan budaya (ASEAN Connectivity).

Dalam KTT ASEAN kali ini juga direncanakan penandatanganan adopsi Deklarasi Hak Asasi Manusia ASEAN sekaligus pembentukan Institut Perdamaian dan Rekonsiliasi ASEAN (AIPR), selain juga pengesahan kesepakatan ekonomi lainnya, baik antar ASEAN maupun dengan Negara mitra wicara lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com