Kompas.com - 16/11/2012, 12:36 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

PHNOM PENH, KOMPAS.com- Sedikitnya 2.246 orang jurnalis berbagai jenis media, sebagian besar berasal dari 49 negara, akan hadir meliput perhelatan akbar tahunan organisasi negara-negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN), 15-20 November, di Phnom Penh, Kamboja.

Seperti dikabarkan, Kamboja sebagai tuan rumah ASEAN tahun ini untuk terakhir kalinya di masa jabatannya itu menggelar serangkaian Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan Asia Timur, yang dihadiri para kepala negara dari 10 negara anggota ASEAN dan negara-negara mitra wicara lainnya.

Pihak panitia saat ditemui wartawan Kompas Wisnu Dewabrata di media center gedung Peace Palace, tempat seluruh pertemuan akan berlangsung, menjelaskan, pihaknya telah menyediakan sedikitnya 300 unit komputer dan sambungan internet, serta 48 booth untuk media elektronik di lokasi ini.

Seperti disampaikan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa saat ditemui Kompas Senin kemarin, sejumlah isu hangat akan menjadi topik pembahasan yang akan dibahas dalam KTT ke-21 ASEAN kali ini. Isu-isu hangat itu seperti sengketa Laut China Selatan, masalah Rohingya, dan juga sejumlah isu ekonomi lain.

Organisasi ASEAN berencana membentuk Komunitas Bersama ASEAN tahun 2015, di mana di antara kesepuluh Negara tadi akan memiliki kesalingterkaitan, baik dalam konteks politik dan keamanan, ekonomi, serta social dan budaya (ASEAN Connectivity).

Dalam KTT ASEAN kali ini juga direncanakan penandatanganan adopsi Deklarasi Hak Asasi Manusia ASEAN sekaligus pembentukan Institut Perdamaian dan Rekonsiliasi ASEAN (AIPR), selain juga pengesahan kesepakatan ekonomi lainnya, baik antar ASEAN maupun dengan Negara mitra wicara lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.