Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Negara Dunia Hadiri KTT ASEAN dan Asia Timur

Kompas.com - 16/11/2012, 11:46 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

PHNOM PENH, KOMPAS.com - Sejumlah kepala negara, terutama kesepuluh negara anggota ASEAN, negara mitra wicara, serta perwakilan atau kepala institusi internasional dipastikan akan berdatangan di Phnom Penh, Kamboja, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN dan KTT terkait lain, yang akan digelar di gedung Peace Palace.

Dari daftar kedatangan yang diterima Kompas di media center gedung Peace Palace, Jumat (16/11/2012), diketahui para kepala negara itu sudah akan mendarat di Phnom Penh sepanjang 17-19 November mendatang. Beberapa kepala negara mitra wicara ASEAN yang dijadwalkan hadir antara lain Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda, Perdana Menteri India Manmohan Singh, dan Perdana Menteri China Wen Jiabao, ketiganya tiba di Phnom Penh pada Senin (19/11/2012). Sedangkan Perdana Menteri Australia Julia Gillard dan Perdana Menteri Selandia Baru dijadwalkan tiba, Selasa (20/11/2012).

Namun begitu rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat terpilih kembali, Barrack Obama, masih belum dipastikan didaftar rencana ketibaan ini. Obama dipastikan akan mengadakan lawatan perdana setelah terpilih kembali ke tiga negara di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja, bahkan Myanmar. Kunjungan itu dipastikan menjadi simbol penguatan kebijakan "Pivot Asia"negeri adidaya itu.

Dalam siaran persnya Kamis kemarin, pihak Gedung Putih memastikan Obama akan menggelar pertemuan dengan PM China dan Jepang, Selasa (20/11/2012), di pertemuan sampingan KTT Asia Timur (EAS), yang juga menjadi rangkaian acara KTT ASEAN kali ini.

Sementara itu beberapa pemimpin atau perwakilan institusi internasional yang dijadwalkan hadir antara lain Managing Director Bank Dunia Sri Mulyani, Presiden Asian Development Bank Haruhiko Kuroda, Managing Director IMF Christine Lagarde, Direktur Jenderal WTO Lamy Lucien Fernand Pascal, dan Sekretaris Jenderal UNCTAD Supachai Panitchpakdi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com