Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isu Pesawat Jatuh Gegerkan Warga Kendari

Kompas.com - 15/11/2012, 12:54 WIB
Kontributor Kendari, Kiki Andi Pati

Penulis

KENDARI, KOMPAS.com - Isu pesawat jatuh di wilayah Kecamatan Onembute, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, sempat mengegerkan masyarakat di Kendari. Rumor terkait pesawat jatuh beredar melalui pesan pendek ponsel (SMS), blackberry messenger (BBM) dan jejaring sosial, Rabu (14/11) petang hingga malam dini hari.

"Informasi itu tidak benar, sebab setelah Kapolsek Lambuya dan Kapospol Onembute bersama warga setempat mengecek langsung ke beberapa lokasi hutan, tidak ditemukan pesawat yang jatuh," terang Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sultra, Ajun Komisaris Besar Polisi Abdul Karim Samadi di Kendari, Kamis (15/11/2012).

Sesuai informasi dari Kapolsek Lambuya Konawe, kata Karim, rumor itu berawal dari keterangan anak-anak yang melihat pesawat kecil terbang rendah di wilayah tersebut, kemudian menghilang. "Anak-anak yang melihat pesawat Susi Air kemudian berteriak ada pesawat jatuh, sehingga menggemparkan warga di sekitar Desa Onembute. Belakangan diketahui pesawat itu sedang mengecek lokasi adanya kebakaran hutan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bandara Haluoleo Kendari, Usman Effendy mengatakan, semua pesawat yang bepergian dari dan ke Kendari, Makassar dan Jakarta dan sebaliknya Jakarta, Makassar, Kendari maupun dari beberapa provinsi lain, semuanya sudah mendarat semalam.

Di tempat terpisah, Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam juga mengecek kebenaran adanya pesawat jatuh ke beberapa pihak yang berkompoten dengan kejadian itu. "Kalau memang ada, pasti saya biasanya langsung dihubungi Danlanud maupun kepala Bandara," kata Nur Alam. Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Sultra, agar tetap tenang dan tidak langsung percaya dengan rumor yang beredar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com